UB Kukuhkan Guru Besar Pakar Geofisika

INFOKAMPUS.NEWS – Universitas Brawijaya (UB) mengukuhkan Guru Besar di bidang Geofisika (2/10) di Gedung Widyaloka UB.  Drs. Adi Susilo, M.Si., Ph.D,  menjadi Guru Besar pertama dalam bidang Ilmu Geofisika Kebencanaan dan Eksplorasi Sumber Daya Alam.

 

Geofisika diperlukan untuk mengurangi resiko bencana, dimana informasi yang didapat dari  penelitian dapat digunakan sebagai peringatan awal, seperti pada area pemukiman yang memiliki resiko. Contohnya resiko patahan Bumi atau longsor.

Saat pengukuhan, Adi Susilo memberikan pidato dengan judul “Pemodelan Konduit Lumpur Sidoarjo, Kebencanaan dan Eksplorasi Sumber Daya Alam”. Ia menjelaskan bagaimana lumpur Sidoarjo  telah mengakibatkan perubahan ekonomi, psikologi dan sosial pada penduduk setempat.

Metode yang sering digunakan untuk melihat retakan pada area tertentu adalah metode Geomagnetic. Metode ini juga menjadi salah satu metode yang bisa digunakan untuk melihat dampak erupsi lusi mud volcano di bawah permukaan.

 

Adi Susilo menyampaikan   “kita memberikan sosialisasi kepada masyarakat. lebih baik adalah pindah, jika tidak mungkin,   warga disarankan mengungsi ke tempat yang  lebih tinggi.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Vitamin B Kompleks, Atasi Kelelahan Hingga Jaga Imunitas Tubuh!

Ada tiga kota di Jawa Timur yang rentan terhadap gempa bumi , yaitu  Tulungagung, Malang, dan Pacitan. Hal ini berdasarkan hasil analisis Probabilistik Seismik Hazard dimana perkiraan gempa adalah periode 20-30 tahunan. Pengukuhan ini menempatkan dirinya menjadi profesor yang ke 18  di FMIPA dan urutan 248  di UB. (Rfl)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.