UB Launching Koperasi Mahasiswa dan Alumni, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad Beri Tips Ini

INFOKAMPUS.NEWS – Wakil Ketua MPR RI  dan juga Guru Besar FIA UB, Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad Al Haddar hadiri Launching Koperasi Mahasiswa dan Alumni Universitas Brawijaya (UB) pada hari Senin, 28 Oktober 2019 di Aula UBTV  Lt.2 Gedung Rektorat Universitas Brawijaya (28/10).

Pelantikan Petugas Kopma UB
Acara sarasehan yang dihadiri oleh Prof. Rully Sesmen Kemenkop) dan Fadel Muhammad (Wakil Ketua MPR RI) ini sekaligus juga menjadi acara pengukuhan dan  pelantikan pengurus Koperasi Mahasiswa UB.
Dalam sambutannya, Rektor UB, Prof. Dr. Nuhfil Hanani, AR,MS mengungkapkan bahwasanya  Kopma UB pernah berjaya dan menjadi yang terbaik sehingga hal tersebut dapat dikembangkan kembali oleh pengurus Kopma UB yang baru dilantik.
Fadel Muhammad adalah seorang politikus dan juga pengusaha di Indonesia. Fadel pernah menjadi  Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Indonesia Bersatu. Selain menjadi Wakil Ketua MPR RI, Fadel juga ahli di bidang kewirausahaan dan diakui  serta diberi gelar Guru Besar bidang  Public Sector Entreprenurship dari Fakultas Ilmu Administrasi UB. Fadel menjadi guru besar satu-satunya di Indonesia dalam bidang kewirausahaan sektor publik.
Dalam kesempatan ini, Fadel menyampaikan bahwa  Kopma bisa melahirkan embrio pengusaha. Ia menyampaikan tips menjadi pengusaha terutama bagi pengurus Koperasi Mahasiswa (Kopma) UB ada tiga hal. “yang pertama  harus punya Spirit atau jiwa wirausaha, berwawasan ke depan. Yang kedua adalah memiliki kemampuan  mengatur strategi dan yang ketiga adalah melalukan usaha yang smart dan semangat,” ungkap Mantan Gubernur Gorontalo ini.
Saat masih menjadi mahasiswa di ITB Bandung, ia pernah memiliki pengalaman dalam pengelolaan Kopma kampus ITB Bandung. Fadel membuat usaha kaos kampus yang dijual ke SMA-SMA dan Perguruan Tinggi. Bagi yang berhasil menjual diberikan komisi.
“Berwirausaha di Kopma adalah  fase awal untuk menjadi pengusaha agar dapat unggul” ungkapnya.
Fadel juga menceritakan bahwa saat pergi ke luar negeri biasanya ia membeli oleh-oleh di toko miliki kampus yang ada di sana.  Pengalamannya tersebut dapat diterapkan di kopma dan alumni UB, karena sangat berpotensi, dimana 10 ribu saja yang mau beli dari total jumlah mahasiswa mencapai 68 ribu orang.
Deputi Menteri Bidang SDM Kementrian Koperasi dan UKM (KOPUKM), Prof. Dr. Rully Indrawan,  M. Si menyampaikan bahwa mahasiswa yang aktif di Kopma dapat memperoleh hal-hal positif antara lain bagaimana mengelola usaha, bagaimana mengaplikasikan ide-ide bisnis dengan benar serta belajar kepemimpinan, bagaimana mengelola badan usaha dan belajar pula menjalin networking dengan wirausaha terutama dengan koperasi.
“pada era big data ini penting sehingga UB bisa melakukan tindakan dan kebijakan yang tepat pada koperasi” ungkapnya. (Rfl)
Baca Juga :  Psikologi UM dan Himpsi Malang Kumpulkan 350 Relawan untuk Beri Psikoedukasi Prevensi Bunuh Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *