UB Raih Posisi Pertama, Berikut Daftar 10 PTN Favorit di Indonesia

Infokampus.news -Sama halnya dengan perguruan tinggi yang terbaik, yang terfavorit juga patut untuk dipertimbangkan. Bagaimana tidak, semua orang ingin masuk dan menjadi mahasiswa di universitas ini, tentu akan sangat menyenangkan jika kamu menjadi salah satu yang berhasil mendapatkan kursi di sana.

Berdasarkan hasil SNMPTN 2019, kemenristekdikti berhasil mengumpulkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi favorit siswa-siswa, di antaranya:

  1. Universitas Brawijaya (UB), 32.495 peminat
  2. Universitas Padjadjaran (Unpad), 29,531 peminat
  3. Universitas Dipenogoro (Undip), 27.633 peminat
  4. Universitas Sebelas Maret (UNS), 24.976 peminat
  5. Universitas Gadjah Mada (UGM), 24.877 peminat
  6. Universitas Negeri Semarang (UNNES), 23.886 peminat
  7. Universitas Sumatera Utara (USU), 22.496 peminat
  8. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), 21.704 peminat
  9. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 20.888 peminat
  10. Universitas Hasanuddin (Unhas), 18.977 peminat

Perguruan tinggi mana yang akan menjadi pilihanmu dalam melanjutkan kuliah? Barangkali salah satu di antara perguruan tinggi favorit di atas adalah tempat kuliah yang paling kamu idam-idamkan selama ini. Jika iya, jangan lupa menghitung dan mempertimbangkan jumlah peserta dan saingan yang akan kamu hadapi saat mendaftar nanti.

Baca Juga :  Kerjasama dengan Eropa, 7 Universitas ini dijadikan Growth Hub Kewirausahaan

Jumlah peserta tersebut masih perlu kamu ketahui secara detail, artinya cari tahu mengenai jumlah peserta yang mengambil jurusan yang akan kamu pilih nantinya dan jangan lupa melihat perbandingan antara satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya. Lihat seberapa besar peluang kamu akan diterima di jurusan tersebut pada kampus pilihanmu. Kamu harus jeli dalam melihat tingkat persaingan di sana, agar kemungkinan untuk kamu diterima lebih besar dan menjanjikan. Selain itu, pertimbangkan juga jurusan paling banyak diminati di kampus yang kamu tuju dan akan lebih sulit lagi jika ternyata kamu memilih jurusan tersebut untukmu.

Memilih tempat kuliah tentu saja bukan sebuah perkara yang mudah, hal ini akan menyangkut masa depan dan juga cita-cita yang akan kamu raih nantinya. Jangan malas untuk mencari tahu dan juga menghitung kemungkinan kamu untuk bisa diterima. Pertimbangkan untuk mengambil sebuah universitas cadangan, jika sewaktu-waktu pilihan utamamu tidak bisa berhasil. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *