UB Sandang Predikat Sebagai 10 Besar Kampus Hijau Terbaik se-Indonesia

Infokampus.news, Malang – Universitas Brawijaya (UB) berhasil masuk dalam jajaran 10 besar kampus dengan predikat kampus hijau terbaik di Indonesia. Berdasarkan Peringkat yang dikeluarkan oleh Universitas Indonesia (UI) melalui Greenmetric milik UI, UB berada di peringkat ke 7 melampaui universitas ternama lainnya seperti UNPAD dan ITB.

Greenmetric UI sendiri merupakan lembaga yang dibentuk UI untuk menaikan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan terutama pada institusi pendidikan. Sistem pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia yang basis penilaian utamanya adalah komitmen perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Indikatornya meliputi statistik kehijauan kampus (15%), pengelolaan sampah (18%), energi dan perubahan iklim (21%), penggunaan air (10%), transportasi (18%), dan pendidikan (18%). Untuk tingkat nasional, terdapat 49 perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam rangking tersebut.

Dalam sambutannya, Rektor UI, Muhammad Anis dalam sambutannya mengatakan bahwa indkator tersebut dibuat untuk menilai tingkat komitmen sebuah perguruan tinggi untuk menjaga lingkungan kampusnya tetap asri.

“Setelah peringkat ini dirilis, Perguran tinggi diharapkan bisa mengevaluasi dan membangun perbaikan yang lebih baik guna menuncapau konsep green kampus yang ramah lingkungan,”  Ungkap Rektor seperti dilansir dalam ui.ac.id.

Selain tongkat nasional, Greenmetric UI juga merilis kampus hijau terbaik tingkat internasional. Tercatat, posisi tiga besar kampus hijau dunia ditempati University of California Davis (Amerika Serikat), University of Nottingham (Inggris), dan Waganingen University & Research (Belanda). Sedangkan dalam tingkat nasional dan internasional UI masih menjadi kampus hijau terbaik dengan menyandang peringkat 1 di Nasional dan 31 di peringkat Internasional. (Uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terima Tanah Hibah, UMM Dipercaya Untuk Bangun SMK Agribisnis

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mendapatkan kepercayaan dan apresiasi yang tinggi sebagai penyelenggara pensisikan yang unggul di Kota Malang dari...

Close