UB Terima 4.176 Calon Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN 2017

Infokampus.news, Malang – Universitas Brawijaya (UB) pada tahun 2017 ini menerima mahasiswa baru dari Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguran Tinggi (SBMPTN) Sebanyak 4176 Mahasiswa. Perolehan angka penerimanan tahun ini sendiri sedikit turun dari tahun 2016 lalu dimana UB terima mahasiswa dari jalur SBMPTN sebanyak 4204 mahasiswa.

Ini Jumlah Mahasiswa Yang Diterima UB dari Kelompok Saintek dan Soshum

UB sendiri menarik jumlah peminat sebanyak 18.528 pada pilihan pertama lalu 19.526 pada pilihan kedua. jumlah dari dua jurusan sendiri, Dijelaskan Wakil Rektor I UB Prof. Kusmartono, pada Jalur SBMPTN tahun ini UB menerima sebanyak 1548 dari jurusan Shoshum dan sebanyak 2628 dari Saintek

“Untuk Jumlah mahasiswa jalur SBMPTN diterima UB sendiri, tahun ini jurusan IPA lebih banyak dari IPS, Untuk jurusan yang paling banyak di minati itu Akuntansi. Jurusan-jurusan lain yang juga banyak diminati itu kedokteran,” ungkapnya.

Total, 585 Peserta Bidik Misi Jalur SBMPTN Diterima UB

Di samping itu, UB juga sudah mendapat jumlah resmi untuk pendaftar SBMPTN dari jalur bidikmisi yang lolos seleksi yaitu sebanyak 585 orang. Jumlah tersebut sedikit menurun dari tahun 2016, dimana tahun lalu UB menerima 603 orang penerima bidik misi dari jalur SBMPTN.

“Bidikmisi pada SBMPTN ini jumlahnya 585, silahkan nanti bisa dicek Informasi terperinci, bagi peserta yang lolos jalur ini silahkan membuka laman website resmi penerimaan mahasiswa baru UB.” Paparnya.

Registrasi Online

Berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2017, bagi siswa yang dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa di Universitas Brawijaya wajib melakukan kegiatan sebagai berikut :

  1. Pemberkasan secara online dengan login ke laman http://siam.ub.ac.id mulai tanggal 14 s/d 30 Juni 2017 dengan cara :
    1. Lakukan pencarian PIN mahasiswa baru dengan cara klik INFO PIN. Kemudian masukkan Nomor Pendaftaran SBMPTN dan tanggal lahir Anda, dan silahkan menyelesaikan pertanyaan matematika yang muncul pada halaman tersebut;
    2. Hasil pencarian akan menampilkan informasi PIN, Nama, dan Program Studi;
    3. Gunakan Nomor Pendaftaran sebagai username dan PIN sebagai password untuk login dan mengisi seluruh isian berkas pada laman tersebut.
  2. Isilah seluruh isian berkas pada laman http://siam.ub.ac.id secara benar, akurat, dan jujur.
  3. Setelah mengisi seluruh isian berkas, UNGGAH foto diri dan Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna dengan penjelasan sebagai berikut :
    1. Foto diri (pasfoto) dengan ketentuan :
      1. Laki -laki (jas hitam, baju putih, dasi hitam, background merah, ukuran (4×6)
      2. Perempuan (jas hitam, baju putih, dasi hitam, background merah, ukuran ( 4×6)
      3. Perempuan berjilbab (jilbab warna putih, background merah, jas hitam tanpa dasi, ukuran (4×6)
      4. Ukuran berkas : 50 KB – 2 MB
    2. Surat Keterangan Pemeriksaan Buta Warna WAJIB bagi prodi tertentu sesuai daftar Program Studi yang mensyaratkan mahasiswa tidak buta warna.
      KLIK DISINI >>Syarat Khusus Program Studi UB
    3. Kemudian CETAK surat pernyataan dan surat keterangan berikut :
      1. Surat Pernyataan Kebenaran Pengisian Data
      2. Surat Keterangan Penghasilan Penanggung Biaya Pendidikan

      UNGGAH berkas diatas setelah ditandatangani diatas materai sebagai tanda Anda telah melakukan pemberkasan online.

  4. Khusus bagi Calon Mahasiswa yang lolos pada Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Kedokteran Hewan WAJIB melakukan tes Kesehatan pada tanggal 14 s/d 16 Juni 2017, dan Psikotes pada tanggal 17 Juni 2017 ( lihat pada laman https://selma.ub.ac.id/id/tes-kesehatan)
  5. Setelah calon mahasiswa menyelesaikan proses pada poin 1 hingga 4, selanjutnya :
    1. Melihat pengumuman penetapan UKT Proporsional pada tanggal 11 Juli 2017 pada laman http://siam.ub.ac.id di Menu Keuangan.
    2. Membayar biaya UKT yang telah ditetapkan mulai tanggal 12 s/d 21 Juli 2017 dengan tata cara yang akan diumumkan kemudian pada laman http://selma.ub.ac.id.
  6. Lain-lain :
    1. Setiap calon mahasiswa yang tidak dapat memenuhi ketentuan pengumuman ini dinyatakan mengundurkan diri sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya ;
    2. Jika ada pengumuman atau perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian melalui lamanhttp://selma.ub.ac.id ;
    3. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan pada bagian berikut di jam kerja (08.00 – 16.00) :
      • Pertanyaan atau informasi bidang akademik silakan menghubungi Bagian Akademik UB (Gedung Rektorat Lantai II) Telp (0341) 551611 Pesawat 117, 118 dan 139;
      • Pertanyaan atau informasi bidang pendaftaran on-line silakan menghubungi Helpdesk TIK UB (Gedung Rektorat Lantai II), Telp. (0341) 575878 atau 551611 Pesawat 134 atau kirim e-mail ke helpdesk[at]ub.ac.id
      • Silakan menghubungi pada waktu dan jam kantor (08.00 – 15.00 WIB)

Nah, Bagi para calon mahasiswa baru yang diteima di Jalur SBMPTN UB pada tahun 2017 diharapkan untuk mempeersiapkan diri menjelang pembukaan registrasi online yang akan dibuka Besok hari (14/6). Selamat untuk teman-teman yang telah lolos menjadi mahasiswa baru Universitas Brawijaya!. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Jumlah Regional Terbanyak Camaba UB dari Jalur SBMPTN 2017

Wakil Rektor I Bidang Akademik UB Prof. Kusmartono, Para calon mahasiswa yang diterima oleh UB ini masih didominasi dari regional...

Close