Ubah Kampus Menjadi Badan Hukum, ‘UB Mampu Jadi Kampus Mandiri’

Infokampus.news, Malang – Persiapan untuk perubahan status kampus menjadi Perguruan Tinggi mulai menjadi konsen serius Universitas Brawijaya (UB) tahun ini. Perubahan dari PTN BLU (Badan Layanan Umum) menjadi Badan Hukum dirasa sangat penting untuk dicapai oleh kampus ini.

“UB seharusnya PTN Badan Hukum bukan BLU lagi, padahal PTN Badan Hukum sudah 11 dan kampus kami sendiri ada di rangking 5 PTN di Indonesia,” papar Prof Dr Ir Abdul Latief Abadi, ketua PTN Badan Hukum UB.

Ia mengatakan dengan adanya Badan Hukum ini pihak kampus bisa menjadi lebih mandiri dengan hak otonomi yang diberikan untuk mengelola kampus secara independen.

“PTN Badan Hukum memberikan suatu kemandirian lebih luas dibanding BLU. PTN Badan Hukum kan mengurusi sendiri masalah akademik, jadi itulah yang diinginkan kita bisa otonom mengelola perguruan tinggi.” tambahnya pada tim infokampus.news.

Peningkatan Mutu Lebih Independen

Latief juga menjelaskan keuntungan lain dari adanya perubahan ini pihak kampus mampu bersaing dengan kampus lain dalam segi kualitas. Namun dalam hal ini, peningkatan bisa dilakukan secara mandiri pihak internal kampus.

“Keuntungannya apa? karena dia (re: pihak kampus) otonom mengelola dan meningkatkan mutunya sendiri.” tuturnya

Jika kenaikan kwalitas tidak bisa berjalan, otomatis kampus akan terpuruk peringkatnya. Hal inilah yang dirasa penting sebagai cambuk yang baik untuk kemajuan kampus, karena mau tidak mau kampus harus meningkatkan kwalitasnya.

“Kalau tidak bisa bersaing bisa-bisa terpuruk tingkat dunia, ini merupakan cambuk yang bagus,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Punya Potensi Besar, Pariwisata Kota Malang Harus Di Olah Lewat Startup Digital

Infokampus.news, Malang – Potensi pariwisata Malang Raya sangatlah besar bila di aplikasikan kedalam layanan Startup Digital. Hal tersebut diakui oleh

Close