Ubah Material Khas Indonesia Jadi Hidrogen, Guru Besar FT UB Ini Raih Penghargaan IAAM Scientist Medal di Swedia

Infokampus.news, Malang – Material khas Indonesia sangatlah beragam, seperti yang banyak dijumpai dengan mudah misalnya minyak jarak, minyak jelantah (re:Minyak Kelapa yang sudah digunakan), minyak kapuk dan sebagainya ternyata bisa diubah menjadi tenaga energi terbarukan. Adalah Salah satu dosen Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB), Prof. Ir. I.N.G. Wardana, M. Eng., Ph.D., yang menemukan cara sederhana untuk mengubah material material ini menjadi sumber energi.

“Jadi minyak kapuk ini saya ubah jadi hidrogen menggunakan material N4. Lalu kalau arang atau karbon aktif saya pertemukan dengan semi konduktor tembaga yang telah teroksidasi atau tembaga yang sudah karatan.” Papar dia saat ditemui dalam jumpa pers pagi ini.

Dengan beberapa treatment sederhana tersebut ternyata mampu mengubah benda sederhana menjadi energi lain dengan cepat dan mudah.

“Lebih cepat 10 kali lipat mengubahnya menjadi hidrogen dengan cara ini daripada dengan alat yang harganya selangit.” tukas Dosen lulusan Universitas Kaieo Jepang ini.

Material Khas Indonesia Bawa Dosen Ini Raih Scientist Medal di Swedia

Karena ketelatenannya menemukan hal yang berbeda dari lainnya ini, ahirnya penelitian ini membawanya meraih IAAM scientist medal yang diberikan di Swedia beberapa waktu silam. Ia mengalahkan banyak kompetitor lain dari seluruh dunia  saat mengikuti ajang ini.

“Selain itu juga saya mendapatkan kartu anggota resmi Forum yang berlaku hingga nanti 2020 mendatang. Ya disamping prestisius yang penting influence yang baik pasti didapat dengan berkumpul dan berteman dengan para cendekiawan dunia.” Tambahnya.

Dengan perolehan yang ia dapatkan ini, ia berharap masyarakat Indonesia tidak minder karena tidak memiliki laboratorium canggih maupun hal apapun seperti negara lain.

“Yang penting cara berfikir harus maju dan terdepan, laboratorium atau laptop sekalipun itu cuma alat saja. Yang penting cara berpikir kita bagus.” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Direktur Institut Bioscience UB Ini Paparkan Bahayanya Makanan Penderita Diabetes Jika Dikonsumsi Orang Yang Sehat!

Dalam Konferensi Keempat Advance Molecular Bioscience and Biomedical Engineering yang digelar pagi ini di Guest House Universitas Brawijaya

Close