UGM Gandeng Pakar Kimia Jerman Untuk Dalami Permasalahan Penelitian Lintas Disiplin

Infokampus.news – Setiap perguruan tinggi tentunya memiliki metode pembelajaran yang berbeda, semakin meningkatkan kualitas pendidikan adalah komitmen dari masing-masing perguruan tinggi. Menambah pengetahuan baik untuk mahasiswa maupun pengajar menjadi kewajiban bersama.

Universitas Gadjah Mada juga memiliki metode lain untuk meningkatkan paparan internasional dan menambah pengetahuan akademik dengan rutin mengundang pakar-pakar dari berbagai universitas terkemuka di dunia untuk mengajar dan melakukan penelitian di Universitas Gadjah Mada.

Hari ini Senin (09/10) Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada mengundang seorang pakar dalam bidang kimia yakni Prof. Dr. Evamarie Hey-Hawkins dari Universitas Lepizig, Jerman untuk memberikan kuliah umum mengenai “The Role of Chemistry in Interdisciplinary Research.”

Pentingnya Kerjasama Penelitian Lintas Disiplin Bagi Tiap Negara Dari Ragam Bidang

Ini merupakan sesuatu yang penting dan berkenaan dengan pengalamannya meneliti selama puluhan tahun bagi Prof. Dr. Evamarie Hey-Hawkins. Ia mengaku sering bekerjasama dengan peneliti dari bidang lain diberbagai negara mengenai persoalan yang hanya bisa diselesaikan melalui penelitian lintas disiplin.

“Selama ini saya bekerja dengan berbagai orang yang berbeda-beda, dan kami bekerja bersama-sama. Untuk menghadapi tantangan saat ini kita harus bisa bekerja sama dengan orang-orang dari berbagai latar belakang,” ujarnya.

“Dengan menggunakan kepakaran dari berbagai macam orang dari berbagai tempat, kami bisa memahami lebih banyak mengenai senyawa yang kami teliti,” ungkapnya.

 

Menurutnya sangat penting bekerja sama dengan peneliti dari lintas bidang dan negara, kita dapat mempelajari kebudayaan serta cara kerja yang berbeda. Saat ini ruang bagi penelitian lintas disiplin sangat terbuka lebar,  menjalin kerja sama dengan pakar dari berbagai universitas di dunia untuk bersama-sama mengembangkan keilmuan dan mencari solusi bagi persoalan yang ada saat ini.

Prof. Dr. Evamarie Hey-Hawkins menghimbau agar para mahasiswa dapat lebih aktif dalam melakukan penelitian lintas disiplin. Tidak ada yang dirugikan dari setiap kerja sama, setiap peneliti dari berbagai lintas bidang akan saling berkolaborasi untuk membuat penemuan baru yang tentunya dapat dijadikan penelitian bersama baik kelompok maupun global. (has)

Sumber : https://www.ugm.ac.id/

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layaknya Jembatan di Cina, Mahasiswa UMM Ini Rancang Jembatan Kaca Pertama di Indonesia!

Jembatan kaca yang dinamakan "Ngalam Indonesia"  ini sendiri akan menghubungkan Kampung Wisata Jodipan (KWJ) dan Kampung Tridi 

Close