UGM Genjot Akreditasi Internasional Prodi Sains

Infokampus.news – Akreditasi menjadi salah satu indikator kualitas suatu universitas atau program studi (prodi). Tak cukup meraih akreditasi nasional, kini Universitas Gadjah Mada (UGM) juga mendorong enam prodi kelompok bidang ilmu sains mendapatkan akreditasi internasional ASIIN dari Jerman.

Enam prodi yang akan diajukan, yakni biologi, ilmu komputer, ilmu dan industri peternakan, matematika, geografi dan ilmu lingkungan, serta statistika. Sedangkan ASIIN sendiri merupakan lembaga akreditasi ternama yang khusus mengakreditasi program studi di bidang kelompok ilmu sains.

“Kita tengah melakukan sosialisasi sebelum kita mendaftarkan enam prodi tahun depan. Rencananya, enam prodi itu dulu, setelah itu diikuti dengan prodi lainnya,” ujar Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM, Prof Indra Wijaya Kusuma, dinukil dari laman UGM, Rabu (14/12/2016).

Fungsi akreditasi internasional, lanjut dia, yakni supaya proses pendidikan diakui dan sesuai dengan standar kualitas internasional. Di samping itu, akreditasi internasional juga mampu mendorong UGM menjadi kampus berkelas dunia pada 2019.

“Adanya akreditasi itu maka jaminan dan standar sudah tercukupi. Dengan begitu kita akan dikenal dan diakui,” tuturnya.

Baca Juga:

Indra menjelaskan, saat ini di tingkat prodi pihaknya tengah melakukan perbaikan mutu kegiatan proses belajar mengajar, kurikulum, fasilitas bahan ajar, dan tingkat rasio dosen. Sedangkan Managing Director ASIIN, Dr Iring Wasser, mengatakan kualitas jaminan akademis di lingkungan pendidikan tinggi sudah menjadi hal penting bagi dunia kampus dalam menjalin hubungan dengan dunia industri.

“Mutu akademik ditunjukkan dari akreditasi yang sudah diperoleh sebagai jaminan lulusan yang profesional dan berkualitas, serta manajemen dan integritas perguruan tinggi yang sudah diakui,” pungkas Iring. (FAM)

 

Sumber: UGM

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Karya Mahasiswa UMY Dominasi Ajang Internasional

UMY patut berbangga, pasalnya sejumlah karya yang diciptakan oleh mahasiswa UMY berhasil mendominasi dalam ajang internasional.

Close