UGM Juarai Kontes Kapal Nasional

Infokampus.news – Tim Roboboat Universitas Gadjah Mada (UGM) berhail meraih juara dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN). Juara yang diraih adalah juara I pada katagori Electric Remote Control dan juara III pada katagori Autonomus.

KKCTBN merupakan sebuah kompetisi yang selenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kompetisi ini sendiri dilakukan untuk bisa menumbuhkan kreativitas mahasiswa, khususnya dalam mendesain rancangan bangun kapal, merencanakan sistem penggerak, serta otomasi navigasi dalam mendukung kemampuan manuver mitigasi bencana.

Kompetisi ini diikuti oleh 32 tim unggulan yang terdiri dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Ketua Tim Roboboat UGM, Levina Ariesta sendiri menuturkan bahwa ada tiga kapal yang diturunkan untuk bertanding dalam kompetisi ini.

“Dari tiga kapal tersebut, dua diantaranya berhasil menyabet juara, yaitu Gama Navy meraih juara pertama di kategori electric remote control dan Safina One menyabet juara tiga di kategori autonomous,” ungkapnya seperti dinukil dari laman UGM, Minggu (4/12/2016).

Apa yang telah dicapai dalam kompetisi ini telah membuat UGM bangga. Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, Direktorat Kemahasiswaan UGM, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D., menjelaskan bahwa Tim Roboboat serta komunitas mahasiswa lainnya telah mempersiapkan ini dengan baik dan sejak jauh-jauh hari.

“Hasilnya, mahasiswa UGM berhasil menyumbangkan tidak kurang 600 medali hingga akhir tahun 2016 ini. Hal itu juga menegaskan bahwa mahasiswa UGM sangat kompetitif dan siap untuk bersaing dalam persaingan yang sesungguhnya di dunia global, khususnya di bidang Roboboat,” ujarnya.

Baca Juga:

Pendekatan yang dilakukan kepada mahasiswa sendiri berbasis Sustainable Development yang melibatka mahasiswa dalam proses pembinaan. Sehingga mahasiswa tidak hanya berpikir untuk bisa berkompetisi, tapi juga proses dalam penyiapan diri. (FAM)

 

Sumber: Republika

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Museum Sejarah dan Budaya Unair Resmi Dibuka

Museum Sejarah dan Budaya Universitas Airlangga (Unair) secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor III dan Direktur Sumber Daya Manusia.

Close