UGM Kirim 935 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa ke Kemristekdikti

Infokampus.news – Universitas Gadjah Mada (UGM) mengirimkan sebanyak 935 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2016 ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

“UGM selalu mendorong mahasiswa untuk terus berkreasi dan melakukan inovasi salah satunya melalui keikusertaan dalam kegiatan PKM,” ujar Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM Ahmad Agus Setiawan di Kampus UGM Yogyakarta, Kamis (24/11/2016).

Menurut dia, 935 proposal tersebut terdiri dari 167 proposal PKM Kewirausahaan (PKM-K), 255 PKM Karsa Cipta (PKM-KC), 71 PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M), 322 PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), 86 PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), dan 34 PKM Penerapan Teknologi (PKM-T).

Keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hanya saja, dalam pelaksanaan tahun ini terjadi penurunan secara kuantitas, katanya.

Ia menjelaskan, pada 2015 lalu, sebanyak 1.209 proposal berhasil dikirim ke Kemristekdikti. “Memang secara jumlah terjadi penurunan, tetapi di sisi kualitas ada peningkatan. Proposal-proposal yang terkirim mempunyai kualitas yang sangat baik dan layak didanai,” ujar Ahmad Agus.

Baca Juga:

Berbagai upaya, kata dia, telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas proposal PKM yang diusulkan. Beberapa di antaranya adalah Training of Trainers bagi dosen pendamping PKM, sosialisasi PKM di tingkat universitas hingga prodi, serta optimalisasi PKM Center dalam memfasilitasi mahasiswa untuk menulis proposal PKM.

Selain itu, juga mencetak buku saku Panduan Lengkap PKM 2016 Menuju PIMNAS XXX untuk memudahkan mahasiswa dalam memperoleh informasi secara jelas terkait PKM, imbuhnya.

Agus menambahkan dalam pelaksanaan PKM kali ini, PKM-KC dan PKM-PE masih menjadi primadona bagi para mahasiswa seperti beberapa tahun sebelumnya. Sementara itu, PKM-T menjadi yang paling kurang diminati. (FAM)

 

Sumber: UGM

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
jamur tiram
Mahasiswa Teliti Jamur Tiram untuk Turunkan Kolesterol

Dalam penelitiannya, jamur tiram putih mereka manfaatkan sebagai pengganti kedelai yang produksinya semakin menurun.

Close