UGM Kirimkan Dua Tim Andalan di Ajang Formula Society of Automotive Engineers Jepang

Infokampus.newsUniversitas Gadjah Mada kembali berlenggang di kompetisi Internasional, kali ini dengan mengirimkan dua tim di ajang Formula Society of Automotive Engineers (FSAE) Japan 2017. Tim Arjuna dan Bimasakti Pertamina akan membawa nama besar Universitas Gadjah Mada sekaligus menjadi perwakilan Indonesia.

Tim Bimasakti juga sudah mempersiapkan diri untuk ajang Formula Society of Automotive Engineers Japan 2017 sejak bulan September 2016. Sebelumnya Tim Bimasakti berhasil membawa pulang 3 penghargaan yakni Tim Terbaik Se-Asia Tanggara dengan peringkat 26 secara keseluruhan, 3rd Efficiency kategori ICV, dan 3rd Overseas Team.

Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng. selaku Rektor Universitas Gadjah Mada dan Dr. Senawi, M.P., selaku Direktur Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada bertempat di halaman utara Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada pada 17 Agustus lalu telah merilis mobil BM-6 buatan dari tim Bimasakti.

“Persiapan yang dilakukan oleh Tim Bimasakti sudah cukup matang dengan 4 prinsip desain yang diunggulkan, yaitu Lightweight, Efficient, Swift, dan Ergonomic. Dengan keunggulan ini, timnya pun optimis dapat meraih hasil yang baik dalam kompetisi yang berlangsung hingga 9 September mendatang,” ungkap Fajar Fitrahadi Danda salah satu anggota tim bimasakti.

“Tahun ini Tim Bimasakti Pertamina Universitas Gadjah Mada menargetkan untuk mendapat Top 15 Overall Result, Efficiency Award, Business Presentation Award, dan JAMA Chairman Award,” tegasnya.

UGM Optimis Sabet Kemenangan di Ajang Internasional

Pada kategori Electric Vehicle di Student Formula Japan (SFJ) 2017 tim Arjuna berhasil menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia. Tim Arjuna telah merancang desain mobil generasi ke-5 sejak tahun 2016 lalu, setelah melalui serangkaian riset dan pemantapan desain, tim Arjuna mulai mengerjakan mobil listrik E-13 di akhir tahun 2016. Tim ini pun mempersiapkan laporan terkait keperluan mobil, mulai dari desain, alat, bahan, dan aspek lain yang nantinya akan dipresentasikan pada kategori lomba static event, seperti design report, cost report, dan business logic case.

Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng. selaku Rektor Universitas Gadjah Mada bertempat di lapangan Pancasila Graha Sabha Pramanasecara resmi merilis Mobil listrik E-13 pada 12 Agustus 2017 lalu. Dengan Mobil listrik E-13 tim Arjuna mengampanyekan misi ramah lingkungan dengan mobil listrik yang tidak mengeluarkan emisi gas buang dalam penggunaannya.

“Setelah rilis, kami melakukan test drive untuk mengetahui langsung karakterisktik mobil dan mencoba-coba parameter yang menghasilkan performa terbaik mobil. Selain itu, kami juga membenahi apa saja yang kurang,” ungkap Kukuh Setyo Raharjo salah satu anggota tim Arjuna. (has)

Sumber : https://www.ugm.ac.id/

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sosialisasikan Program Kreativitas Mahasiswa, UWG Malang Jaring Potensi Mahasiswa Sejak Dini

Kegiatan Prospek Mahasiswa Baru sudah berlangsung sejak Sabtu (02/09) lalu, sebagai kampus inovasi UWG Malang tidak hanya mengenalkan

Close