UGM Raih Juara Umum Pimnas ke-33 Dengan Perolehan Medali Emas Terbanyak

INFOKAMPUS.news, NASIONALUniversitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mempertahankan gelar juara umumnya pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 tahun 2020. Raihan UGM menjadi juara umum ini telah di pertahankannya selama tiga kali berturut-turut sejak tahun 2018.

Penganugerahan PIMNAS ke-33 ini diselenggarakan pada Sabtu (28/11) malam secara luring. Berlokasi di Graha Sabha Pramana (GSP) UGM serta disiarkan secara daring melalui kanal Youtube Universitas Gadjah Mada.

Pada perolehan juara umum PIMNAS ke-33, UGM meraih total 56 medali. Hal itu dengan rincian untuk kategori poster, meraih 9 medali perunggu, 5 medali perak, dan 8 medali emas. Serta dalam kategori presentasi meraih 12 medali perunggu, 10 medali perak, dan 12 medali emas.

Pada PIMNAS ke-33 UGM dinobatkan sebagai juara bertahan PIMNAS dikarenakan tiga tahun berturut-turut dari tahun 2018, 2019, dan 2020. Menurut Ketua Dewan Juri PIMNAS ke-33, Dr. Med dr. Indwiyani Astuti, menyampaikan bahwa, di PIMNAS ke-33 tahun 2020, memperebutkan total penghargaan sebanyak 186 penghargaan.

Pada PIMNAS ke-33 ini diikuti sebanyak 625 tim mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa penghargaan PIMNAS ke-33 ini dibagi menjadi dua kategori, yakni poster dan presentasi. Namun penentuan gelar juara umum, diraih bagi perwakilan universitas yang memperoleh jumlah medali emas terbanyak dalam kategori presentasi.

Pada gelaran acara PIMNAS ke-33 ini juga turut hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim. Ia menyampaikan bahwa, para tim mahasiswa yang mengikuti acara PIMNAS ke-33 ini telah berhasil menyampaikan dan menciptakan buah pikirannya dan disampaikan secara luar biasa. Ia juga menyampaikan, di masa pandemi Covid-19 ini tidak menyurutkan semangat, inovasi serta kreativitas dari para mahasiswa untuk terus berupaya menciptakan hal-hal bermanfaat bagi bangsa.

Pelaksanaan PIMNAS ke-33 ini juga bertujuan agar mengasah potensi dan berbagai kreativitas dari para mahasiswa guna ciptakan berbagai inovasinya. Hal ini selaras dengan ide yang diusung dari Kemdikbud untuk perguruan tinggi, yakni Merdeka Belajar episode 2 Kampus Merdeka.

Program Kanmpus Merdeka sendiri bertujuan untuk mengawinkan perguruan tinggi dengan dunia kerja dengan memberikan keleluasaan yang terarah bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi pengalaman dan pengetahuan dari luar kampus.

Nadiem mengatakan bahwa “kita akan mampu menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Untuk itu, saya mengapresiasi adanya usaha kreatif dan inovatif yang diusung melalui kegiatan ini. Selamat kepada seluruh teman-teman mahasiswa peserta PIMNAS ke-33. Teruslah berkarya dan menginspirasi,” ujarnya.

 

Pewarta: Naviska Rahmadani
Editor: Redaksi Fokus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *