Sejahterakan Warga Sekitar, UGM Rakit Becak Listrik Ramah Lingkungan

Infokampus.news – Sebuah inovasi oleh perguruan tinggi kembali diciptakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). UGM meluncurkan becak listrik karya dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik UGM bekerja sama dengan PLN. Acara launching tersebut digelar di Halaman Balairung UGM, Jumat (18/01/2019).

Dalam acara launching becak listrik ini, turut hadir Ignasius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Energi. Dalam kesempatan itu Jonan secara langsung mencoba mengendarai becak listrik yang ditumpangi oleh Prof.Panut Mulyono, Rektor UGM.

“Saya terima kasih kerja sama PLN dan FT UGM telah mempelopori becak listrik UGM. Ini lebih manusiawi karena tidak dikayuh dan polusi bisa ditekan,” ucap Jonan.

Jonan berharap, nantinya UGM mampu menggandeng industri dalam pengembangan becak listrik agar dapat diproduksi dalam jumlah yang lebih besar. Ia juga berharap Gubernur DIY bisa membuat regulasi agar becak listrik ini bisa beroperasi untuk pariwisata, tidak menghilangkan lapangan kerja, dan ramah lingkungan.

Sementara itu, Prof Panut  berharap dengan adanya inovasi becak listrik ini produktivitas tukang becak bisa meningkat. Terlebih, becak listrik ini lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan becak motor (bentor).

“Produktivitas semakin besar karena temaga diganti listrik dengan daya jelajah yang lebih besar hingga 30 kilometer,” tuturnya.

Becak listrik ini dikembangkan melalui Innovation Center for Automotive (ICA). Mereka memodifikasi armada becak dengam mengkonversinya menjadi becak dengan penggerak listrik.

Meskipun telah dimodifikasi sedemikian rupa hingga menjadi wahana yang ramah lingkungan, pengembangan becak listrik dilakukan tanpa menghilangkan bentuk orisinal becak dengan penambahan komponen penggerak berupa motor listrik 1.500 Watt 48V dan baterai VRLA 48V berkapasitas arus 12Ah. Dengan baterai tersebut, becak mampu digunakan secara penuh dengan listrik untuk menempuh 30 kilometer untuk setiap pengisian baterai.

Menurut perhitungan Dekan FT UGM, Prof Nizam, jarak tempuh becak ini bisa ditingkatkan dengan mengganti atau menambah sistem baterai menjadi 24Ah dengan jarak tempuh sekitar 50-60 kilometer setiap pengisian baterai.

Hingga kini, FT UGM telah berhasil mengembangkan sebanyak 15 prototipe becak listrik yang telah diberikan kepada paguyuban pengemudi becak di kawasan Bulaksumur UGM. (him)

 

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) sangat favorit yang terletak di Yogyakarta. Akreditasi merupakan penilaian terhadap kelayakan dan pemeringkatan suatu program studi atau jurusan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan digunakan sebagai pengakuan dari badan atau instansi yang lain. Sebelum melakukan pendaftaran di UGM alangkah baiknyaSobat FoKus mengetahui apa akreditasi jurusan tersebut, dan berikut ini merupakan Akreditasi Program Studi UGM 2019…
  • Infokampus.news - Berita duka kembali terdengar dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Ekonom UGM A. Tony Prasetiantono meninggal dunia di Jakarta, Rabu (16/01/2019) pada pukul 23.30 WIB. "Ya, Pak, kami turut berduka cita," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengonfirmasi kabar tersebut dalam pesan WhatsApp-nya kepada wartawan CNBC Indonesia, Kamis (17/01/2019). "Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. Amin," tambahnya. Kepergian Tony Prasetiantono terbilang mengejutkan sebab hari Rabu ia…
  • Infokampus.news - Tim Mahasiswa UGM melalui startup Majatech, memperkenalkan Kanafit, sebuah aplikasi mobile untuk mengukur beberapa indikator kesehatan penting. Beberapa indikator yang diukur adalah denyut nadi, tekanan darah, jumlah langkah serta kalori yang terbakar hanya dengan smartband dan satu sentuhan dalam smartphone. Hasil pengukuran tersebut akan tersimpan dalam smartphone dan bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan analisis di kemudian hari. Tri menjelaskan munculnya ide pembuatan Kanafit berawal dari keinginan membuat inovasi teknologi yang mendistrupsi layanan bidang kesehatan.…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
lowongan kerja Perum Peruri 2019
Dari Lulusan Administrasi Hingga Teknik, Ini Dia Lowongan Kerja Perum Peruri 2019

Infokampus.news - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau Perum Peruri membuka Lowongan Kerja untuk lulusan SMA, SMK, dan D3

Close