UGM Siap Lakukan Lompatan Wujudkan Kejayaan Indonesia

Infokampus.news – Rektor UGM, Dwikorita Karnawati, mengatakan UGM siap lakukan lompatan besar menyongsong kejayaan Indonesia 2045. Pengembangan ilmu pengetahuan, inovasi teknologi, dan sumber daya manusia menjadi titik fokus dalam mewujudkan kejayaan nusantara. Hal itu dikatakan Rita saat menyampaikan Laporan Rektor dalam puncak peringatan Dies Natalis ke-67 UGM, di Grha Sabha Pramana, Senin (19/12).

UGM, menurut Rita, harus mampu memberikan solusi mengatasi persoalan bangsa di tengah persaingan global. Kesenjangan antara pedesaan dan perkotaan yang tnggi menjadi salah satu persoalan yang masih dihadapi Indonesia. Tingkat kemiskinan di pedesaan secara konstan terus meningkat dari tahun 2005 hingga 2014 yang diikuti dengan meningkatnya kesenjangan antara kaya dan miskin.

World Bank mencatat adanya peningkatan koefisien gini 0,32 tahun 1999 meningkat menjadi 0,41 pada tahun 2012. Potret kesenjangan tersebut semakin meneguhkan tekad UGM untuk menggalakkan inovasi dalam bidang pengembangan sumber daya manusia dan IPTEKS.

“UGM berkomitmen menegakkan nilai-nilai kemanusiaan dan meningkatkan kesejahteraan bangsa dengan memacu inovasi dan mengawal lompatan kemajuan pembangunan dan produktivitas masyarakat desa melalui program ‘Smart and Resilient Vilagge,”tegas Rektor.

Salah satu wujud lompatan strategis UGM dalam mewujudkan kejayaan nusantara dengan melakukan reorientasi akademik. Paradigma pendidikan yang semula berorientasi riset diarahkan menuju socio-enterpreneurial dengan inovasi sebagai motor utamanya.

Baca Juga:

Pusat inovasi dikembangkan untuk melahirkan hilirisasi hasil riset ke masyarakat dan industri. Hilirisasi produk inovasi dilakukan melalui kawasan produktif yakni Science Techno Park, Teaching Industry, dan Teaching Factory. (FAM)

 

Sumber: UGM

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Ichiro ITS Borong Medali dalam Kontes Robot Internasional

Baru-baru ini, tim robot Ichiro ITS berhasil memborong delapan medali dalam FIRA Humanoid Robot Cup (Hurocup) 2016 di Beijing, Tiongkok.

Close