UGM Siapkan 2.060 Kursi untuk Jalur Seleksi Mandiri

Infokampus.newsUniversitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun ini akan menyiapkan sekitar 2.060 kursi bagi mahasiswa baru jalur seleksi mandiri. Pendaftaran dari jalur ini sudah mulai dibuka dari tanggal 11 juni sampai 1 Juli 2019 lalu melalui situs web resmi UGM.

Penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri ini didasarkan atas hasil dari tes ujian tulis (UTUL) yang diselenggarakan secara serantak pada hari minggu, 14 Juli 2019. Untuk memberikan kemudahan bagi peserta ujian, penyelenggaraan ujian tulis ini diadakan di lima kota besar yaitu Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Pekanbaru dan Medan.

Jalur seleksi mandiri sendiri merupakan jalur seleksi ketiga setelah SNMPTN dan SBMPTN. Sebelumnya UGM telah menerima sebanyak 1.728 mahasiswa baru pada jalur SNMPTN dan 3.131 untuk jalur SBMPTN. Dan jalur seleksi mandiri ini menjadi jalur ketiga untuk menyaring mahasiswa baru.

Dalam pelaksanaannya, UGM bekerjasama dengan beberapa kampus dan sekolah untuk dijadikan tempat pelaksanaan tes. Kampus dan sekolah tempat pelaksaan tes ini meluputi SMAN 3 Yogyakarta, SMA Stella Duce, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Baca Juga :  AIABI Gelar Kongres dan Seminar Nasional di FIA Universitas Brawijaya, Salah Satu Agenda Pilih Ketum Baru!

Materi yang diujikan dalam UTUL kurang lebih sama dengan dengan yang diujikan pada saat tes SBMPTN yakni Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum yang terdiri dari matematika dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan yang terakhir ada Tes Kemampuan Saintek/Soshum. Untuk materi tes Kemampuan Dasar Saintek terdiri dari Matematika IPA, Biologi, Fisika dan Kimia. Sedangkan materi untuk tes Kemampuan Dasar Soshum ada Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Hasil dari UTUL UGM ini akan diumumkan pada tanggal 23 Juli 2019 mendatang. Bagi peserta yang dinyaakan gagal atau tidak lolos dalam seleksi ini masih mendapat kesempatan dengan mengikuti jalur seleksi sekolah vokasi UGM. Sama seperti jalur sebelumnya, UGM menggunakan UTUL sebagai teknik penyaringan mahasiswa baru. Keterangan yang lebih lanjut mengenai jalur seleksi sekolah vokasi ini dapat dilihat di laman resmi UGM. (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published.