BERITA DUKA: Ekonom UGM A. Tony Prasetiantono Tutup Usia

Infokampus.news – Berita duka kembali terdengar dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Ekonom UGM A. Tony Prasetiantono meninggal dunia di Jakarta, Rabu (16/01/2019) pada pukul 23.30 WIB.

“Ya, Pak, kami turut berduka cita,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengonfirmasi kabar tersebut dalam pesan WhatsApp-nya kepada wartawan CNBC Indonesia, Kamis (17/01/2019). “Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. Amin,” tambahnya.

Kepergian Tony Prasetiantono terbilang mengejutkan sebab hari Rabu ia masih menjadi pembicara dalam sebuah diskusi ekonomi di Jakarta. Ia dikabarkan mendadak kolaps pada malam harinya saat tengah menginap di sebuah hotel di Jakarta dan meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit MMC. Namun pihak keluarga tidak menjelaskan detail penyebab kematian pria yang memperoleh gelar doktornya di Australian National University ini.

Kabar ini juga dikonfirmasi oleh Ekonom PT Bank Permata Tbk Joshua Pardede, “Iya, benar. Saya dengar kabarnya karena sakit mendadak. Belum tahu sakit apa.”

Tony Prasetiantono menempuh pendidikan magisternya di University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat pada tahun 1991 sebelum menyabet gelar PhD di Canberra, Australia pada tahun 2005.

Baca Juga :  Jurusan Teknik Sipil President University Kebanjiran Peminat

Selain berprofesi sebagai dosen di Universitas Gadjah Mada sejak 1986, Tony Prasetiantono juga tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Ekonom Bank Negara Indonesia pada 2006 dan sebagai Direktur Pusat Economic dan Studi Kebijakan Publik di Universitas Gadjah Mada sejak tahun 2009. Sebagai ekonom, Tony cukup produktif mengisi rubrik di beberapa media cetak, salah satunya Kompas. Ia juga kerap diundang sebagai pembicara di berbagai seminar. Di samping itu, ia juga sempat menjadi komisaris beberapa bank di Indonesia, seperti Bank Mandiri, PermataBank, dan Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.

Dikabarkan sampai saat ini jenazah masih berada di Jakarta yakni di RS MMC Jakarta dan rencananya pagi ini akan diterbangkan ke Yogyakarta. (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *