UI Gelar Forum Ilmiah Internasional bagi Puluhan Peneliti Ilmu Material

Infokampus.news – Universitas Indonesia (UI) melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI) yang bekerja sama dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM UI) menggagas sebuah Simposium bernama International Symposium on Current Progress in Functional Materials (ICSPFM) yang berlangsung di Bali selama dua hari yaitu 26 – 27 Juli 2016. Simposium ini akan mempertemukan para peneliti dan pakar di bidang functional materials dari Asia, Eropa maupun Amerika. Tidak kurang dari 74 peneliti akan mempresentasikan karya ilmiahnya di forum internasional ini.

Dengan tema“Exploring the current progress in novel and functional materials for energy, environmental and health applications”, forum ini akan mendiskusikan perkembangan functional materials science atau biasa didefinisikan sebagai Ilmu Material/Bahan yang dimanfaatkan untuk properti dan fungsi tertentu. ICSPFM secara khusus akan membahas topik mengenai penyedia material untuk penyuplai energi alternatif, pelestarian lingkungan, perangkat elektronik dan peningkatan kualitas kesehatan.

Baca Juga :

Sebagai bagian dari komunitas ilmiah global, UI menaruh perhatian besar pada area penelitian ilmu Material, baik itu dari sisi sains maupun rekayasa teknik. UI telah mengambil bagian dalam pengembangan ilmu Material melalui penerapan Program Magister dan Doktor Ilmu Material di Departemen Ilmu FIsika FMIPA UI dan Departemen Metalurgi dan Material Fakultas Teknik UI. Pembelajaran mengenai material juga dibahas dari sudut pandang ilmu Kimia dan Biologi yang tersedia di Departemen Ilmu Kimia dan Ilmu Biologi di FMIPA UI.

“Bentuk komitmen UI akan penelitian Ilmu Material tersebut salah satunya berangkat dari kekayaan Indonesia akan material/bahan mentah yang dapat diolah menjadi produk yang berdaya manfaat tinggi bagi masyarakat. Namun yang disayangkan adalah keterbatasan sumber daya manusia dalam pengolahan bahan mentah tersebut yang membuat masyarakat harus mengimpor produk sehingga menjadikan masyarakat Indonesia sebagai konsumen saja.”

Untuk itu, diharapkan melalui wadah ini, UI dapat mempertemukan para pakar dan peneliti ilmu material agar dapat saling berdiskusi akan perkembangan ilmu hingga pada akhirnya hasil dari penelitian tersebut dapat dimanfaatkan oleh pelaku industri dan memberikan kontribusi pada pembangunan Indonesia. Tak hanya itu, wadah ini pun dapat mengoptimalkan hasil penelitian ilmu Material dan memicu penambahan jumlah publikasi ilmiah dari para peneliti Indonesia yang masuk ke dalam publikasi prosiding internasional terindeks Scopus. Lebih lanjut, simposium internasional ini juga turut meningkatkan reputasi UI sebagai universitas riset maupun reputasi para peneliti Indonesia di mata dunia.

UI Gelar Forum Ilmiah

Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis menyampaikan UI berperan aktif sebagai pusat inovasi untuk menjawab tantangan yang dihadapi Indonesia, salah satunya mendorong perkembangan Ilmu Material. Diharapkan melalui wadah simposium ini, dapat tercipta kelompok riset baru tingkat global di bidang ilmu Material yang meliputi bidang spesialisasi metal dan alloy, keramik, polimer, material elektronik dan magnetik serta material komposit, serta menyebarluaskan hasilnya untuk pengembangan Ilmu Material dengan memperhatikan kelestarian lingkungan untuk kepentingan umat manusia. UI juga senantiasa berkomitmen menghasilkan sumber daya manusia yang berkompetensi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi bahan serta mampu bersaing di dunia internasional. (cska)

 

Sumber : Humas UI

ADV-728_x_90

cska

Admin Super INFOKAMPUSNEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tiga Tokoh Alumni UI Ini Jaga Gawang Ekonomi Indonesia

Alumni UI - Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi, kemarin melakukan perombakan atau reshuffle kabinet.

Close