UI Kembangkan Program Olahraga bagi Penyandang Diabetes

Infokampus.news – Salah satu pengajar staf program studi ilmu kedokteran olahraga Universitas Indonesia (UI) Dr. Nani Cahyani, SpKO melakukan penelitian untuk kembangkan program olahraga bagi penyandang diabetes mellitus (DM) tipe 2 yang efektif, bermanfaat, dan aman.

Hasil penelitian disertasi yang berjudul “Pengembangan Program Latihan Fisik Terstrukur Berbasis Kondisi Pasien dalam Tatalaksana Diabetes Melitus Tipe 2” tersebut kemudian dipresentasikan dan dipertanggungjawabkan dengan baik oleh dr. Nani Cahyani, SpKO dalam sidang promosi doktoralnya yang berlangsung pada Senin (4/6) lalu di Ruang Auditorium Lantai 3 Gedung IMERI FKUI, Salemba.

Penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu perancangan program latihan dan eksperimen program latihan. Rancangan program latihan fisik disusun dalam suatu protokol yang terdiri atas uraian bentuk latihan, frekuensi, intensitas, durasi, syarat kondisi kesehatan subjek saat mengikuti latihan, serta edukasi yang menyertai program latihan.

Program olahraga bagi penyandang diabetes yang dirancang ini mengombinasikan High Intensity Interval Training (HIIT) tiga kali dan latihan beban dua kali per minggu. Setiap siklus interval training dalam HIIT tersiri atas high intensity exercise (HIE) dengan tingkat target beban 85%VO2max selama 1 menit, diikuti 4 menit low intensity exericise (LIE). Latihan beban terdiri atas sembilan latihan untuk batang tubuh ekstremitas atas dan bawah. Keseluruhan latihan dirancang untuk dilaksanakan dalam 12 minggu, yang juga dilengkapi dengan edukasi terprogram setiap bulan.

Kombinasi HIIT dan latihan beban ini merupakan program latihan yang pertama kali berhasil memperlihatkan peningkatan kebugaran, perbaikan pengendalian glikemik, dan penurunan stres oksidatif secara komprehensif. Dengan demikian, latihan ini diyakini aman, dan berpotensi dapat mengendalikan komplikasi lanjut penyakit DM tipe 2.

Selain itu efek latihan dapat tercapai karena dukungan supervisi oleh dokter spesial kedokteran olahraga yang memastikan setiap peserta latihan dalam kondisi siap berlatih dan melakukan pemantauan pembebanan setiap sesi latihan program olahraga bagi penyandang diabetes ini.

Perlu sobat FoKus ketahui, data dari Riset Kesehatan Dasar Badan Peneliotian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2013 menyebutkan bahwa DM merupakan penyakit yang mengancam kesehatan masyarakat Indonesia. (Jul) 

 

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Produk Kaus Cerita Rakyat
Keren! Mahasiswa IPB Kembangkan Produk Kaus Cerita Rakyat

Infokampus.news – Empat mahasiswa Institut pertanian Bogor (IPB) yaitu Dianika Aditya Mustaqiem, Muhammad Alif Hanif Afif, Rizal Fikri Alamsyah, dan

Close