UI Tak Buka Lagi Jalur SIMAK UI untuk S-1 Reguler!

Infokampus.news – Universitas Indonesia (UI) selalu menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) primadona di setiap penerimaan mahasiswa baru. Di samping jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) menjadi tes andalan bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di sana.

Namun, mulai 2017 ini, UI tak lagi memberlakukan SIMAK UI sebagai jalur masuk mahasiswa S-1 reguler. Hal ini membuat kuota SBMPTN atau jalur ujian tulis meningkat.

“Kuota penerimaan program S-1 reguler 2017, SNMPTN 30 persen dan SBMPTN 70 persen,” ujar Kepala Kantor Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti disitat melalu laman resmi Universitas Indonesia, Senin (16/1/2017).

UI sendiri masih membuka jalur SIMAK UI bagi lulusan SMA atau sederajat untuk program paralel, internasional, dan vokasi. Jika calon mahasiswa ingin mendaftarkan diri ke jenjang yang memiliki sistem Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB), artinya mereka hanya bisa mendaftar melalui SNMPTN dan SBMPTN.

“BOPB adalah subsidi pendidikan dri UI khusus jenjang S-1 reguler, dengan maksimal semesteran Rp5 juta untuk prodi IPS dan Rp7,5 juta untuk prodi IPA, sedangkan uang pangkal digratiskan,” terangnya.

Saat ini, SNMPTN dan SBMPTN 2017 telah diluncurkan. Proses SNMPTN memasuki tahap pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) oleh sekolah. Sementara pendaftaran SNMPTN baru dibuka pada 21 Februari sampai 6 Maret mendatang. (FAM)

 

Sumber: Universitas Indonesia

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Agar Tidak Salah, Simak Pedoman Lengkap Bidikmisi 2017 Ini!

Bidikmisi 2017 adalah bantuan biaya pendidikan melalui Kemenristekdikti bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi.

Close