UI Wisuda 8.060 Lulusan D3 hingga S3

Infokampus.news – Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met memimpin Upacara Wisuda Program Pendidikan Diploma/Vokasi, Sarjana hingga Doktoral semester genap tahun akademik 2015/2016 dengan jumlah total lulusan sebanyak 8.060 orang sekaligus menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 pada hari Jumat–Sabtu, 26—27 Agustus 2016 di Balairung UI Kampus Depok. Pada kelulusan kali ini, sebanyak 1.751 orang yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

Para upacara wisuda program Sarjana Reguler dan Sarjana Kelas Internasional, UI melepas 2.781 lulusan Sarjana yang terdiri atas 2.592 lulusan Program Sarjana Reguler dan 189 wisudawan Sarjana Kelas Internasional. Pada program Sarjana Reguler, yang berhasil mendapatkan predikat cumlaude sebanyak 727 wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Fallon Candra dari Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer dengan IPK 3,98. Sementara itu, pada Program Sarjana Kelas Internasional, sebanyak 21 wisudawan meraih predikat cumlaude dengan IPK tertinggi yaitu 3,94 yang diraih oleh Maria Priscila Komala yang merupakan lulusan dari program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Baca Juga : 

Mahasiswa Berprestasi Nasional 2016 Irman Faiz juga turut diwisuda pada upacara wisuda semester genap kali ini. Irman merupakan lulusan program studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Prestasi membanggakan lainnya datang dari dua mahasiswa berkebutuhan khusus atas nama Prayogo Triono (tuna daksa) dan Hendi Hogia (tuna netra) dari Fakultas Psikologi yang berhasil menyelesaikan perkuliahannya masing-masing selama 4 tahun dan 4,5 tahun dan turut mengikuti upacara wisuda kali ini. Lebih lanjut, Richard Henokh Kurniawan lulusan program studi Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer berhasil menyelesaikan masa studinya hanya 3 tahun dengan IPK 3.83.

Upacara wisuda merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan akademik di UI dan momentum UI untuk mempersembahkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai bagian dari kekuatan bangsa Indonesia setelah selama beberapa waktu membentuk diri di UI untuk menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang berkualitas. Pengalaman yang didapatkan selama menempuh studi di UI akan menjadi bekal dalam berkiprah di masyarakat luas.

Dalam sambutannya, Prof. Muhammad Anis mengatakan sebagai institusi pendidikan yang menyandang nama besar bangsa Indonesia, UI berperan penting meningkatkan daya saing bangsa Indonesia. World Economic Forum merilis Global Competitiveness Report 2015-2016 yang menunjukkan peringkat daya Saing Indonesia menurun menjadi peringkat ke-37 dari 140 negara yang dinilai. Untuk itu, UI berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan bangsa guna menghasilkan lulusan yang unggul dan tangguh yang secara langsung berdampak pada peningkatan daya saing lulusan di tingkat global.

Prof. Anis memberikan pesan, “Kepada para wisudawan, mahasiswa dan sivitas akademika UI, kalian merupakan panji-panji UI yang akan terus berkibar. Marilah kita mengisi kemerdekaan dengan komitmen dan semangat untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan serta menciptakan ragam inovasi sebagai bekal bangsa Indonesia untuk mandiri dan berdaya saing di era globalisasi. Teruslah bekarya nyata dan inovatif di bawah pengayoman Veritas, Probitas, Justitia: Kejujuran, Kebenaran, Keadilan. Tingkatkan sumbangsih bagi bangsa dan negara tercinta melalui bidang keilmuan masing-masing.”

Keesokan harinya (27 Agustus 2016), UI juga akan melaksanakan Upacara Wisuda untuk Program Profesi, Spesialis, Magister & Doktor (9.00 – 11.00) yang diikuti oleh 3.070 Wisudawan – terdiri atas 312 wisudawan Program Profesi, 348 wisudawan Program Spesialis, 2.215 wisudawan Program Magister dan 195 wisudawan Program Doktor. Serta dilanjutkan dengan upacara wisuda sesi terakhir untuk Program Sarjana Paralel, Sarjana Ekstensi dan Vokasi (14.30 – 16.30) dengan jumlah wisudawan sebanyak 2.209 orang yang terdiri atas 854 wisudawan program Sarjana paralel, 330 wisudawan Sarjana Ekstensi dan 1.025 wisudawan Vokasi.

cska

Admin Super INFOKAMPUSNEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mahasiswa UB ini Komikus Termuda Malang!

Siapa yang tidak tahu komik manga? Yap, komik yang tengah digandrungi remaja dari era 90-an hingga saat ini merupakan

Close