Dalam Rangka Bulan Pancasila, UM Ajak Generasi Milenial Peduli Nilai Pancasila

Infokampus.news – Fenomena anak jaman sekarang  atau biasa disebut generasi milenial tidak mengenal dan  memahami nilai-nilai pancasila. Dalam rangka Bulan Pancasila, Pusat Pengkajian Pancasila Universitas Negeri Malang  (UM).  Mengajak generasi Milenial untuk peduli Nilai Pancasila dengan  mengikuti  berbagai kegiatan.

Acara ini diadakan  pada saat bulan Pancasila yakni  elama 1 Juni hingga 28 Agustus 2018. Ada dua kegiatan yang pertama lomba kreasi pancasila yang diikuti pelajar SMP/MTS  yang dilakukan hari ini pada tanggal 25 Agustus 2018 dan final diadakan pada tanggal 1 Agustus 2018, kegiatan kedua adalah Kemah Pancasila pada tanggal 24-26 Agustus 2018 di ikuti mahasiswa dan bertempat di Sahabat Alam karangploso.

Lomba Kreasi Pancasila sendiri terdiri dari  kegiatan lomba storytelling dengan tema pancasila bukan hanya sekedar cerita, tapi pedoman kehidupan bangsa. Babak  penyisihan dilakukan hari ini (25/8) di Aula Ki Hadjar Dewantara dan Aula R.A Kartini Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang , diambil 5 orang untuk maju ke Final yang dilaksanakan pada tanggal  1 Agustus 2018.

“ Harapan kami pancasila itu dapat diterima, dipelajari, oleh  anak-anak muda alias generasi Milenial dimana mereka sudah begitu luar biasa dengan adanya pengaruh globalisasi, nah kita akan memulai dengan  hal-hal sederhana yang biasa kita terapkan. Misalnya membuat storytelling dengan cerita membantu teman, atau menjenguk teman yang sedang sakit” terang Desinta Dwi Rafitha.

“ Puisi sekarang sudah tidak begitu populer, namun lewat lomba ini mereka bisa mengekspresikan diri mencitai seni yang didalamnya tertanam  nilai pancasila.  ketentuan khusus lomba ini peserta menggunakan bahasa Inggris loh. ” Tambahnya.

Pemenang dari lomba Story Telling ini akan mendapatkan  predikat juara 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1 dan 2 dan masing-masing dari pemenang akan diberikan piagam penghargaan, uang pembinaan, goodie bag dari pusat pengkajian Pancasila UM.

“ Persiapan cuman 5 hari, saya terinspirasi oleh film laskar pelangi, saya ambil tokoh Lintang yang berusaha keras untuk sekolah meski letak rumah  jauh dengan sekolah. Menurut saya lomba ini bermanfaat bagi generasi milenial karena mereka perlu diberikan edukasi mengenai Pancasila yang  nilainya sudah hampir pudar karena berkembangnya informasi dari luar” uajr salah satu peserta yang berasal dari SMP Negeri 1 Malang, Fauziah  Nabila. (Jul/Pus)

 

 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Jelang PKKMB, UM Siapkan Orientasi Khusus 39 Mahasiswa Afirmasi

Jelang PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) Universitas Negeri Malang akan menerima total sebanyak 39 mahasiswa afirmasi. Para mahasiswa afirmasi...

Close