UM Gelar Rapat Kerja Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik

Infokampus.news, Malang – Informasi saat ini tidak hanya untuk diketahui dan mengedukasi masyarakat saja, namun informasi juga merupakan sarana pengembangan pribadi masyarakat. Itulah yang disampaikan Yhannu Setyawan, S.H., M.H, Komisioner Komisi Informasi Pusat dalam Rapat Kerja Keterbukaan Informasi di Lingkungan Universitas Negeri Malang (UM) yang digelar hari ini (29/3).

”Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, ” tuturnya saat memberikan materi pada para peserta.

Selain itu menurutnya, dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih setiap orang boleh memanfaatkan dan menyebarkan informasi tersebut dalam bentuk apapun termasuk media sosial. Menurutnya, hal ini juga bagian dari upaya mengedukasi masyarakat yang mungkin tidak mampu menjangkau informasi tersebut.

“Mereka juga berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia,” ujarnya.

Keterbukaan Informasi, Ciri Negara Demokratis

Selain itu, menurutnya keterbukaan informasi juga menjadi salah satu ciri penting dari negara yang demokratis seperti negeri kita. Keterbukaan informasi adalah salah satu upaya agar masyarakat mampu berpikir lebih kritis.

“Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.” Tandasnya. (Pus)

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jangan Sampai Salah, Ini Tata Tertib Ujian PBT SBMPTN 2017!

Ujian PBT adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan secara tertulis. Semua soal disajikan di kertas dan menjawab soal juga meggunakan kertas

Close