UM Gelar Seminar Nasional Pendidikan, Dirjen GTK Mendikbud Paparkan Konsep Pendidikan Karakter

Infokampus.news, Malang – Hari ini (29/4) Universitas Negeri Malang (UM) Menggelar Seminar Nasional dengan tema penerapan fullday school dalam multi perspektif : manajemen, karakter, religi, kultural dan sosial. Dalam acara yang digelar di aula lantai 2 gedung A3 kali ini menghadirkan keynote speaker Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Sumarma surapranata Ph.D.

Ia memaparkan banyak contoh mengenai karakter siswa saat ini yang sudah mulai kehilangan etika dan moral. Menurutnya, nilai-nilai yang harus dikembangkan ke dalam diri anak muda saat ini sudah masuk dalam 18 nilai karakter dalam kurikulum Pendidikan Pengembangan Karakter (PPK) yang mulai diterapkan di Indonesia saat ini

“Etika sudah ada tapi kurang, harus kita perbaiki bersama karena nilai moral anak muda kita sudah mulai runtuh. Ini sudah dikembangkan dalam 18 nilai karakter,” ujarnya saat memberikan materi.

Nilai Karakter Telah Disisipkan Dalam Modul Pembelajaran Siswa

Pranata, demikian ia biasa disapa, memaparkan bahwa pendidikan karakter pada siswa telah disisipkan dalam modul ajar yang diberikan kepada siswa.

“Di setiap modul ajar kami telah selipkan nilai-nilai yang penting ini,” tuturnya.

Hal ini dinilai sangat efektif, karena para siswa akan belajar menggunakan modul tersebut beberapa jam setiap harinya.

“Ini kan dipelajari 10 menit 15 menit terus setiap hari, berapa jam sehari mulai senin hingga jum’at? InsyaAllah efektif. Lalu agar lebih akrab bercengkerama dengan keluarga, biarkan sabtu minggu libur dengan keluarga saja.” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Raih Satyalencana Karya Satya, Dosen UNIKAMA Ini Masih Belum Puas Berkarya

Dr. Endah Andayani M.M., merupakan salah satu dosen Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) yang akan menerima

Close