UM Kukuhkan 2 Guru Besar Sekaligus Minggu Ini!

Infokampus.news, Malang – Universitas Negeri Malang (UM) menggelar pengukuhan guru besar yang digelar di Aula lantai 2 Gedung A3 semalam. Ada 2 guru besar yang telah dikukuhkan, yakni Prof. Dr. Andi Mappiare A.T., M.Pd dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Prof. Dr. Waras Kamdi, M.Pd, dari Fakultas Tehnik.

“Kalau penelitian saya kali ini memang passion saya di psikologi, jadi saya ambil judul ‘Meramu Model Konseling Berbasis Budaya Nusantara: KIPAS yakni Konseling Intensif, Progresif, Adaptif Struktur’.” ujar Prof. Dr. Andi Mappiare A.T., M.Pd pada tim infokampus.news.

Latar belakang pengambilan judul tersebut karena menurutnya, bimbingan konseling yang sekarang berlaku di Indonesia ini tidak cocok dengan kultur budaya bangsa.

“Sistem di Indonesia kan dibawa dari barat semua, jadi ya bisanya diterapkan di barat karena ini tidak sesuai dengan norma di Indonesia. Sedangkan yang saya teliti ini berbeda dan lebih mengusung kultur budaya bangsa kita,” paparnya.

Kedua Guru Besar Mengubah Sistem Pendidikan dalam Disiplin Ilmu Berbeda

Sedangkan Prof. Dr Waras Kamdi, M.Pd mengusung judul ‘Inovasi Pembelajaran Tehnik dan Vokasi: Antisipasi terhadap Perubahan Paradigma Belajar’ sebagai penelitiannya. Kedua guru besar ini sama-sama memiliki penelitian untuk merubah sistem, namun berbeda dengan penemuan milik Andi yang masih harus diteliti lebih lanjut, penelitian milik Waras sudah diterapkan di Fakultas Tehnik UM selama 10 tahun terahir.

“Sudah lama ini 10 tahun berjalan kalau di UM sudah pakai ini,” tuturnya saat ditemui di sela acara.

Menurutnya, pendidikan vokasi memang sudah seharusnya mengikuti perkembangan zaman dan tidak hanya diam di tempat. Paradigma yang ada dalam masyarakat tentang pendidikan vokasi harus dirubah menjadi sesuatu yang berbeda mengikuti perkembangan zaman.

“Tidak hanya di Indonesia bahkan negara-negara maju seperti Belanda, Jerman itu sudah mulai mempertanyakan sistem ini apakah cocok dengan era sekarang ini? Maka dari itu kita harus kembangkan lagi dan bikin inovasi-inovasi baru,” tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Daya Tampung UNJ pada SNMPTN 2017!

Bagi Sobat FoKus yang berminat dan memilih UNJ pada SNMPTN 2017 maka Sobat perlu mengetahui besar Kuota Daya Tampung UNJ

Close