UM Pecahkan Rekor MURI Dunia Lewat Desain Baju Bertema Keripik Tempe

INFOKAMPUS.NEWS –  Museum Rekor Indonesia (MURI) menetapkan 16 karya desain baju berbahan keripik tempe ini sebagai rekor dunia. Kripik tempe adalah salah satu jajanan khas Malang dimana dalam kesempatan ini, oleh mahasiswa UM didesain menjadi baju.

 

Sementara itu, Ketua Panitia pemecahan rekor peragaan kostum tempe, Agus Sunandar menyampaikan, pemilihan keripik tempe sebagai bahan baku pembuatan baju karena merupakan salah satu kuliner khas Kota Malang.

“Karena keripik tempe merupakan kuliner khas Malang, kebetulan juga kita kolaborasikan dua antara Prodi Tata Boga dan Tata Busana. Jadi keripik tempenya olahan dari Prodi Tata Boga sedang desain lanjutannya pada Prodi Tata Busana,” paparnya.

Mahasiswa program studi Tata Busana dan Tata Boga Universitas Negeri Malang (UM) membuat 16 desain baju yang terbuat dari kepingan keripik tempe. Keripik yang digunakan sebanyak 150 kilogram dengan jumlah keripik hingga 12.428 keping.

Pengaugerahan rekor ini diberikan selepas fashion show kostum keripik tempe oleh para mahasiswi Jurusan Teknologi Industri UM, di Graha Cakrawala UM (10/9).

Baca Juga :  Berkat Helm Pintar, Mahasiswa UMM Raih Bronze Medal di Korea Selatan

“Peragaan busana keripik tempe ini resmi tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rekor dunia,”ungkap Eksekutif Manajer MURI Sri Widayati.

Mahasiswa UM mengukur baju model dan membuat alas dari kain blacu, katun atau yang lainnya. Setelah selesai masing-masing kepingan keripik tempedijahit secara manual mengikuti pola baju.

Salah satu mahasiswa yang juga menjadi desainer dan sekaligus model, Nayla Adiba mengaku kesulitan saat hendak menjahit kepingan keripik tempe secara manual.

“Seringkali setiap keripik ditusuk jarum keripiknya hancur. Jadi disiasati keripiknya agak dibuat tebal,” ungkapnya kepada Urbanasia.

Kendati demikian, tak butuh waktu lama untuk merampungkan satu baju ini. Nayla mengaku hanya butuh waktu 3 hari saja hingga proses finishing.

Bersama 15 desain lainnya, baju berbahan dasar keripik tempe ini sukses dipamerkan di atas peragaan UM.

Kostum Keripik Tempe yang memecahkan rekor MURI ini juga dipamerkan dalam acara Pameran UM di Graha Cakrawala pada tanggal 14 Oktober 2019. (Rfl)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *