UM Tampung 800 Peserta Ujian CBT

Infokampus.news, Malang – Ujian CBT adalah ujian SBMPTN yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Karakteristik dari tes ini sama dengan tes tertulis biasanya yaitu menggunakan satu perangakat tes untuk beberapa peserta dengan panjang waktu tes yang sama. Perbedaannya terletak pada teknik penyampaian (delivery) butir soal yang tidak lagi meggunakan kertas (paper), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban soalnya.

Untuk tahun ini, Universitas Negeri Malang sebagai penanggung jawab pelaksanaan tes SBMPTN 2017 untuk kategori Saintek juga turut melaksanakan proses ujian CBT. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Rektor 1 Prof Dr. Hariyono, M.Pd. saat diwawancara oleh tim Infokampus.news.

“Untuk pelaksanaan Ujian SBMPTN 2017 kali ini, kami bertanggung jawab atas pelaksanaan tes ujian kategori Saintek, baik itu dilaksanakan secara Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT). Untuk pelaksanaan test CBT, rencananya akan ada 800 orang peserta, sisanya memakai system PBT,” terangnya.

CBT 800 Peserta, PBT 14595 Peserta

Untuk SBMPTN 2017 kali ini, jumlah peminat jurusan kategori Saintek untuk Panlok 55 Malang Raya adalah 15395 orang dan 800 di antaranya akan menjalani ujian CBT. Namun Hariyono mengatakan bahwa UM tidak panik melihat banyaknya jumlah peserta kategori Saintek tersebut Karena secara pengalaman UM sudah paham betul dengan tata cara pelaksanaan tes SBMPTN ini.

“Kami sudah dipercaya untuk menggelar tes penerimaan mahasiswa baru sejak dulu. Bahkan sejak awal adanya tes semacam ini untuk menerima mahasiswa baru, kalau tidak salah namanya masih Sipenmaru, IKIP Malang (sekarang UM) sudah dipercaya,” tuturnya.

Dengan berbekal pengalaman menjadi tuan rumah penyelenggaraan tes semacam ini, ia mengatakan bahwa UM sudah hapal bagaimana mempersiapkan detil-detil khusus agar pelaksanaan tes ini bisa lancar. Hal ini termasuk mempersiapkan pengawas tes yang sejak hari Jumat (12/5) lalu sudah diberikan pelatihan. “Kami sudah memberikan pelatihan kepada 1500 orang pengawas tes pada hari Jumat lalu dengan harapan nantinya mereka bisa membantu kelancaran pelaksanaan tes ini,” ungkap Hariyono. (ART)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sebelum Ujian, Cek Yuk Lokasi Ujian SBMPTN 2017 di Wilayah Panlok 46!

Seluruh Panitia Lokal penyelenggara SBMPTN 2017 disibukkan dengan berbagai persiapan, tak terkecuali Panlok 46

Close