Umiati Jawas, ‘Beasiswa Itu Pekerjaan Paling Menyenangkan”

Infokampus.news, Malang – Umiati Jawas Ph.D yang merupakan International Relation Office (IRO) Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) memberikan tips, pendapat dan juga pengalamannya mendapatkan beasiswa kepada mahasiswa UNIKAMA beberapa waktu lalu. Ia sendiri sudah mendapatkan 2 beasiswa yang tergolong sulit dalam menempuh master dan juga program Doktornya, yakni Fullbright dan ADS.

“Saya dulu dapat beasiswa ADS dari Australia Government dan juga Fullbright dari Amerika. Sebenarnya mendapatkan dua beasiswa itu, terutama yang fullbright terbilang cukup sulit ya, karena sangat ketat dan kuotanya sedikit.” ujarnya saat mengisi acara Jurusan Sastra Inggris UNIKAMA.

Bagi para mahasiswa pemula yang ingin mencari beasiswa, ia menyarankan untuk mencari beasiswa yang peluang untuk masuknya besar.

“Tapi ya saya pede saja, coba dulu. Kalau kalian berminat mencari beasiswa, maka dahulukan cari beasiswa yang peluangnya diterimanya besar. Karena sebenarnya mencari beasiswa yang peluang diterimanya kecil seperti fullbright itu peluang ditolaknya sangat besar. Kalau anda ditolak di awal struggling cari beasiswa, pasti down duluan.” tuturnya memberikan tips.

Bekerja Untuk Ilmu Diri Sendiri dan Dibayar

Menurut Umiati, hingga saat ini pekerjaan yang paling menyenangkan baginya adalah mendapat beasiswa. Dengan mendapat beasiswa ia bekerja keras untuk ilmu yang ia pergunakan sendiri, dan juga dibayar.

“Menurut saya apa ya, pekerjaan paling enak itu ya dapat beasiswa ini, bekerja, dibayar, tapi ilmu yang didapat untuk anda sendiri. Kurang enak bagaimana coba,” tuturnya.

Ia mengatakan dan memotivasi semua mahasiswa yang hadir saat itu, yakni semua orang harus merasakan sensasi mendapat beasiswa seperti yang ia rasakan. Karena beasiswa itu tidak hanya untuk yang pandao saja namun juga mereka yang mau berusaha dan pantang menyerah. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Beredar Hoax PDSS Kacau, UM ‘Semua Aman, Segera Setorkan Data’

Sejak pagi tadi (5/3) beredar isu website SNMPTN, yakni Pangkalan Data Siswa Sekolah atau PDSS jebol atau mengalami gangguan fatal

Close