Tidak Ada Tes Tulis di Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Undangan UMM

Infokampus.news – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur undangan sejak Senin (2/1). Jalur yang berlangsung hingga 7 April 2016 ini dikhususkan bagi siswa lulusan SMA sederajat yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik.

Wakil Rektor I UMM Prof Syamsul Arifin, menjelaskan untuk kriteria prestasi akademik, siswa yang mendaftar minimal harus mempunyai nilai rata-rata rapor 80 mulai dari semester 1 hingga semester 5. Nilai rata-rata ini meningkat ketimbang setahun sebelumnya yaitu 75.

“Peningkatan syarat nilai rata-rata ini, menunjukkan bahwa UMM kian selektif lantaran daya tarik kampus ini yang kian kuat,” kata Syamsul, dalam siaran pers, Selasa (3/1).

Sementara untuk jalur non-akademik atau minat bakat yaitu siswa yang berprestasi di bidang olahraga, seni, karya ilmiah, atau keagamaan minimal di tingkat kota atau kabupaten dan dibuktikan dengan piagam penghargaan.

Bagi camaba yang lolos melalui jalur undangan, akan mendapatkan beasiswa bebas biaya SPP semester I, kecuali Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) mendapat potongan 50 persen dari SPP semester I. Namun, jalur ini tidak berlaku bagi Fakultas Kedokteran.

Syamsul melanjutkan, tidak ada tes tulis untuk jalur ini. Sementara untuk wawancara tetap dilakukan untuk mengetahui kualitas dan motivasi calon mahasiswa baru (camaba).

Tata Cara Pendaftaran yang Mudah Membuat Camaba Tidak Perlu ke Malang

Cara pandaftarannya juga mudah, yaitu via online, sehingga memudahkan camaba yang berasal dari luar Jawa agar tak perlu jauh-jauh datang ke Malang. Tak heran, meski baru dua hari dibuka, jumlah pendaftar jalur undangan online sudah mencapai 209 orang, dengan asal daerah pendaftar yang sangat beragama.

“Era sudah digital. Dengan tersebarnya asal daerah pendaftar online jalur undangan, berarti informasi tentang UMM sudah diketahui masyarakat luas,” ujarnya.

Sementara untuk jalur reguler mulai di buka pada awal Maret. Untuk gelombang 1 dibuka 6 Maret hingga 7 Mei, gelombang 2 mulai 22 Mei hingga 14 Juli, sementara gelombang 3 mulai 24 Juli sampai 11 Agustus.

UMM juga terus memperbaiki kualitas pelayanan terhadap camaba, terutama saat melakukan herregistrasi maupun pelayanan akademik lainnya. Saat ini, lanjutnya, UMM tengah merencanakan sistem pembayaran herregistrasi yang akan dilakukan di UMM Dome, bukan di halaman depan Biro Administrasi Akademik seperti biasanya. “Ini supaya pelayanan akademik pada mahasiswa semakin cepat, tepat, nyaman, dan ramah,” jelas dia. (FAM)

 

Sumber: UMM

Berita Terkait

  • Sejak Senin (2/1) hingga tanggal 7 April mendatang UMM sudah membuka pendaftaran untuk jalur undangan khusus untuk para lulusan SMA sederajat
  • Tak terasa tinggal satu semester lagi, kita akan memasuki tahun pelajaran baru 2017/2018. Kalian para calon mahasiswa baru tentu berlomba-lomba ingin masuk ke perguruan tinggi idaman. Selain masuk melalui jalur undangan SNPTN ataupun tes tulis SBMPTN, bagi kamu yang punya kelebihan di luar kemampuan akademis, bisa lho masuk kuliah melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). Berikut beberapa kampus di Indonesia yang menyediakan jalur penerimaan melalui PMDK.
  • Universitas Muhammadiyah Malang atau biasa disebut kampus UMM tahun 2016 ini akan menggelar ujian jalur reguler gelombang II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mendikbud Sampaikan Pokok Kebijakan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Tahun 2017

Kemendikbud memastikan bahwa UN pada tahun 2017 akan tetap dilaksanakan. dan dijadwalkan pada bulan April sampai dengan Mei tahun 2017

Close