UMM Kirim 3 Tim di Kontes Mobil Hemat Energi 2019

Infokampus.newsUniversitas Muhammadiyah Malang (UMM) meluncurkan tiga mobil yang akan dikirimkan pada gelaran Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 di Gedung Rektorat, Senin (23/9). Tiga mobil ini diluncurkan secara resmi oleh Asisten Rektor bidang Perencanaan dan Pengembangan Kemahasiswaan, Dr Joko Widodo, MSi.

Tahun ini, UMM mengirimkan tiga tim yang siap berlaga di KMHE 2019 di Universitas Negeri Malang (UM), Selasa hingga Sabtu (24-28/9). Tiga tim ini yakni Mekatronic Team 1 di kategori Urban Listrik dengan Mobil Genetro (Urban Electric Vehicle) U.E.V. 06, Mekatronic Team 2 di kategori Prototype Listrik LSO dengan mobil prototype Barqun Speed Electric Vehicle (E.V.) 04. Sementara tim wanita Srikandi Team di kategori Urban Gasoline dengan Mobil Hrusangkali. Bagi Srikandi Team. Kontes ini jadi debut kedua Srikandi Team.

Untuk sepesifikasi dari Prototype Listrik, bodi terbuat dari carbon fiber, sasis dari alumunium dan ditenagai oleh motor listrik. Sementara untuk Urban Listrik bodi juga terbuat dari carbon fiber, sasis aluminium dan ditenagai oleh motor listrik 500 watt. Sedangkan spesifikasi untuk mobil Hrusangkali yang digawangi Srikandi Team, bodi terbuat dari fiber glass, sasis dari aluminium dan bahan bakar Pertamax 92.

Srikandi Team: Satu-satunya Tim dengan Seluruh Anggota Perempuan

Srikandi Team UMM menjadi satu-satunya tim yang seluruh anggotanya terdiri dari perempuan. Tahun lalu, Srikandi Team memenangkan penghargaan di kategori Desain dan Estetika Terbaik KMHE 2018. Srikandi Team UMM dengan kendaraan Hrusangkali Evo 01 yang turun di kelas Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline ketika itu, sejak awal sudah jadi pusat perhatian tim juri dan peserta dari perguruan tinggi lain.

Indikator penilaian mobil hemat energi ini pada dasarnya sama. Yang menjadi pembeda ialah mesin yang digunakan. Driver Srikandi Team, Novita mengaku dalam penyusunannya masih dibantu oleh Tim Mekatronic. “Karena Srikandi Team ini memang perempuan semua. Kami sering diskusi dan dibantu oleh tim Mekatronic,” ujarnya.

Untuk persiapan kontes ini, Novita sudah belajar mengendarai mobil sejak sebulan lalu. Begitu pula dengan ketiga tim yang telah melakukan persiapan sejak jauh hari.

“Tim Mekatronik menyabet juara 1 pada kategori Urban Listrik dan Tim srikandi meraih Desain dan Estetika terbaik tahun lalu di Universitas Negeri Padang, semoga prestasi tahun ini lebih baik dan dapat mempertahankan kemenangan” ujar pembina LSO Mekatronic Drs. Moh. Jufri, ST., MT, saat pelepasan di Gedung Rektorat UMM.

Tahun sebelumnya, UMM menjadi yang tercepat (juara 1) dalam gelaran KMHE. Kemenangan tersebut menjadikan UMM sebagai pemecah rekor Asia dan dunia dengan catatan hasil terbaik 335,09 km/kwh.

Dekan FT UMM Dr. Ir. Ahmad Mubin MT berpesan pada ketiga tim agar tak terbebani dengan capaian tahun lalu. “Tidak usah terbebani oleh kemenangan, karena tim kita sudah teruji di tingkat Nasional menuju ke Internasional. Selain itu, pesan saya, tidak boleh terlalu berbangga dan sombong. Harus tetap memiliki mental juara namun tetap melakukan yang terbaik,” pesannya. (ich)

Leave a Reply

Your email address will not be published.