UMM Gelar Seminar Nasional III 2017

Infokampus.news, Malang – Pada hari Sabtu (29/4) Teather Dome Universitas Muhammadiah Malang (UMM) nampak dipadati oleh ratusan mahasiswa, dosen, guru, peneliti, serta praktisi. Hal ini dikarenakan UMM menyelenggarakan Seminar Nasional III 2017 yang memiliki tajuk “Biologi, Pembelajaran, Dan Lingkungan. Perspektif interdisipliner”.

Seminar Nasional III ini menyertakan empat orang keynote speaker, antara lain Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Hamid Muhammad, M.Sc., Ph. D.; Pakar Literasi Sains UPI Prof. Dr. Hj. Nuryani Rustaman, M.Pd; Pakar Sains Biologi FKIP UMM Dr. Poncojari Wahyono, M.Kes; serta Pakar Assesment Literasi FKIP UMM Dr. Yuni Pantiwati, MM. M.Pd.

Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. Hj. Nuryani Rustaman mengatakan bahwa literasi tidak hanya sebuah aksi untuk membaca huruf-huruf. “Yang paling penting dalam literasi adalah implementasi informasi yang didapat dari bacaan sebagai pemecahan masalah,” terangnya.

Seminar Nasional III Ajak Indonesia Terliterasi Ilmiah

Dalam kesempatan yang sama, salah satu tokoh Pendidikan di UMM Dr. Yuni Pantiwati, MM. M.Pd. turut serta menyumbangkan sebuah seminar tentang “Kemampuan Literasi dan Teknik Asesmen Literasi”. Dalam seminarnya itu ia mengarakan bahwa literasi sains adalah kunci dalam Pendidikan.

“Literasi sains dianggap suatu hasil belajar kunci dalam pendidikan pada usia 15 bagi semua siswa, Karena anak usia 15 tahun sudah seyogyanya menentukan pilihan karir dan ikut serta mengambil peran dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tuturnya.

Oleh Karena itu, ia mengatakan bahwa literasi ilmiah penting Karena akan menentukan masa depan bangsa. “Perspektif ini berbeda dengan banyak program sains sekolah yang seling didominasi pengetahuan konten. Sebaliknya, kerangka kerja ini didasarkan pada pandengan yang lebih luas tentang jenis pengetahuan sains yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat kontemporer yang berpartisipasi,” tuturnya.  (ART)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Taufik Ismail Dalam Gazebo Forum UMM

Sastrawan ternama Indonesia Taufik Ismail hadir dalam kegiatan Cangkrungan Multidisipliner Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Gazebo Forum

Close