UMPTKIN, Jalur Masuk Perguruan Tinggi Resmi Serupa SBMPTN

Infokampus.news, Malang – Saat ini seluruh masyarakat Indonesia sedang ramai membahas tentang pendaftaran SBMPTN yang menjadi penentu masa depan para lulusan SMA dan sederajat. Namun di balik bayang-bayang ramainya pembahasan tentang SBMPTN, masih ada satu proses seleksi lagi yang memiliki kesempatan yang sama untuk masuk perguruan tinggi.

“Selain SBMPTN dan SNMPTN, seluruh perguruan tinggi keagamaan islam di Indonesia juga punya jalur seleksi tambahan yaitu SPAN PTKIN dan UM-PTKIN. Jadi kalau universitas-universitas konvensional hanya ada dua jalur resmi itu, kami perguruan tinggi keagamaan islam ada empat jalur resmi totalnya,” terang Kabag Humas UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dr. H Sutaman, MA.

Oleh karene itu, ia berpesan kepada semua calon mahasiswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi keagamaan Islam di seluruh Indonesia tidak perlu berkecil hati atau pesimis dengan peluang mereka, Karena mereka memilki peluang dua kali lipat dari calon mahasiswa lainnya.

Materi Tes Islami Untuk UM-PTKIN

Yang berbeda dari UM-PTKIN dan SBMPTN adalah tanggal pelaksanaan dan materi yang diujikan. Untuk UM-PTKIN, ada tambahan ujian materi Keislaman. Hal ini senada dengan tujuan perguruan tinggi mereka yang akan mereka tuju, yaitu perguruan tinggi keagamaan islam.

Dengan adanya tambahan materi ujian itu, maka setiap siswa yang memiliki kemampuan yang bags dalam ilmu keislaman akan mendapat kesempatan lebih dalam bergabung dengan perguruan tinggi keagamaan islam yang mereka ingini. Walau begitu Kabag Humas Universitas Islam Negeri mengatakan bukan berarti siswa dari sekolah-sekolah islami yang mendapat keunggulan dalam ujian ini.

“Untuk UM-PTKIN memang ada tambahan materi keislaman, namun bukan berarti yang mendapatkan prioritas dalam ujian ini adalah siswa dari Madrasah Ailiyah. Semua calon mahasiswa yang merasa mampu dalam menempuh ujian itu dipersilahkan ikut,” terang Dr. H Sutaman, MA. (ART)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

STIKI Kenalkan Piranti Mesin Permainan Construct 2

STIKI Malang menggelar lokakarya bertajuk “Make Your Own Games with Construc 2, Jumat (7/4/2017) lalu.

Close