UNAIR Juara Ke 3 PIMNAS 29!

Infokampus.news – Dalam kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 Universitas Airlangga (Unair) meraih peringkat ketiga. Acara yang digelar di Institut Pertanian Bogor (IPB) yang ditutup pada Kamis (11/8) malam ini mengeluarkan nama kampus Unair menjadi peraih delapan medali emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Ajang Pimnas ke-29 ini diikuti 145 perguruan tinggi se-Indonesia dan uniknya, tiga perguruan tinggi di Jawa Timur meraih posisi empat besar. Ketiganya yakni Universitas Brawijaya (UB) yang meraih juara pertama, Universitas Airlangga juara ketiga dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juara keempat. Sedangkan juara kedua diraih oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Rektor UNAIR Tengah Berbangga

Seperti dilansir dari Republika, Direktur Kemahasiswaan Unair M Hadi Subhan, menyatakan cukup puas dan berterima kasih kepada seluruh mahasiswa dan tim. Ia bersama Ketua Kontingen Unair Agus Widiantoro mengawal tim Unair hingga penutupan.

“Meski harapan untuk memboyong Piala Adikarta Kertawidya masih belum tercapai, setidaknya target UNAIR untuk masuk tiga besar sudah tercapai,” ujar Hadi Subhan selaku rektor UNAIR.

PKM Unair yang menyabet emas di nomor presentasi, di antaranya dari tiga nomor PKM-PE (Penelitian Eksakta). Ketiganya berjudul ‘Paduan Hyaluronic Acid (HA) Polyethylene Glycol (PEG) Sebagai Injectable Hydrogel untuk Terapi Penderita Degenerasi Diskus Intervertebralis’ yang dipresentasikan Cityta Putri dan tim; ‘Inovasi Durameter Artifisial Berbasis Selulosa Bakteri – Kolagen dengan Plasticizer pada Kasus Trauma Kepala’ atas nama Inas Fatimah dan tim; serta ‘Studi In Vivo Poly-Lactid-co-glicolic-Acid (PLGA) dengan Coating Kitosan sebagai Selaput Penutup Organ Pencernaan untuk Aplikasi Kelainan Dinding Perut yang Terbuka’ atas nama Karina Dwi Saraswati dan tim.

Baca Juga :

Ketiga tim penyabet emas nomor presentasi ini di bawah bimbingan Prihartini Widiyanti. Selain itu, medali emas nomor presentasi oleh Ulima Hapsari dan tim dengan makalah PKM – Kewirausahaan berjudul PKM (Penutup Kompres Mata) Anti Kantong Panda.

Tidak Hanya Lomba PKM yang Menyabet Juara

Sedangkan, di nomor poster, medali emas Unair dipersembahkan oleh PKM-K karya Indah Paraswati dan tim yang berjudul Pemanfaatan Cangkang Kerang Simping (Placuna Placenta) sebagai Komoditi Usaha Pakan Ternak Unggas Non-Konvensional.

Serta PKM-Kewirausahaan oleh Erwin Candra dan tim dengan poster makalah berjudul KUMAK: Kit Uji Merkuri dalam Air dan Kosmetik sebagai Cara Praktis Menguji Kandungan Merkuri dalam Kosmetik dan Air.

Selamat untuk tim yang menang semoga tetap menjadi inspirasi bersama. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PKKMB UM 2016, “Maba Jadi Darah Segar”

Total sejumlah 6748 orang mahasiswa baru terdaftar menjadi peserta PKKMB UM 2016. Acara yang digelar mulai pagi tadi

Close