UNBK SMA 2017, Bukan Tolak Ukur Kelulusan

Infokampus.news, Malang – Sebelumnya, UNBK masih menjadi tolak ukur kelulusan. Banyak upaya yang dilakukan pemerintah, sekolah dan siswa sendiri untuk mempersiapkan ujian nasional. Untuk Tahun ajaran ini, UNBK dilakukan dengan sedikit berbeda. UNBK tingkat SMA/SMK tidak dilakukan secara bersamaan.

Sesuai Permendikbud No 44/2014 yang membahas mengenai ujian nasional yang bukan lagi menjadi penentu utama kelulusan.

Pekan lalu adalah UNBK bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Senin (10/04) hari pertama UNBK SMA 2017.

UNBK SMA 2017 berjalan dengan lancar, persentase kelulusan sendiri diambil dari hasil UNBK dan USBN.

Meski Bukan Tolak Ukur Kelulusan, UNBK SMA 2017 Harus Di Ikuti Dengan Sungguh – Sungguh

Hari pertama UNBK SMA 2017 berjalan tanpa kendala, SMA – SMA di Kota Malang melakukan UNBK dengan tenang dan tertib.
SMA Negeri 4 Malang adalah salah satu peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017.

Budi prasetyo Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Malang menyatakan jika UNBK SMA 2017 memang bukan satu – satunya yang menjadi acuan kelulusan.

“Hari ini adalah hari pertama pelaksanaan UNBK SMA, semua berjalan dengan lancar dan tertib. Baik peserta maupun pengawas belum menemui kendala pada sesi pertana ini,” ungkapnya.

“Sesi ujian dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi 1 dimulai dari pagi tadi dan sesi kedua dilakukan pada jadwal berikutnya,” tambahnya.

“Sesi pertama sendiri berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah sampai saat ini, untuk sesi pertama persiapan sendiri dilakukan mulai pagi. Siswa peserta UNBK tidak ada yang terlambat, UNBK berjalan dengan tertib,” paparnya.

Tidak ada masalah mengenai waktu, siswa keluar ruangan pada saat waktunya sudah habis. UNBK dibagi menjadi dua sesi dan setiap sesinya ada waktu 120 menit yang diberikan.

“Peserta sendiri dari 3 jenis program, yakni IPA, IPS dan Bahasa. Peserta mengakses soal sesuai dengan programnya masing – masing,” ungkapnya.

Ada 313 peserta UNBK SMA 2017 di SMA Negeri 4 Malang, setiap ruang berisi 17-18 siswa. Komputer yang disediakan sebagai sarana ujian sendiri ada 20 komputer yang dipersiapkan untuk setiap ruangan, sisa komputer digunakan untuk cadangan.

“Walaupun UNBK bukan menentukan kelulusan, namun UNBK merupakan potret dari kompetisi sekolah. Menghimbau para siswa peserta UNBK untuk tidak sebatas ikut UNBK namun juga harus mendapatkan prestasi yang bagus, karena itu menyangkut hasil sekolah,” tegasnya.

“Untuk siswa peserta UNBK sendiri harus siap mengikuti dan mengerkerjakan dengan jujur. Justru karena ini bukan menentukan kelulusan, kejujuran adalah yang nomor satu,” pungkasnya.

Budi prasetyo menambahkan, melalui kegiatan ini SMA Negeri 4 Malang memberikan usaha yang terbaik. Dengan harapan, dapat menumbuhkan kejujuran.

“Anak – anak memiliki satu modal kedepan untuk selalu jujur dalam segala hal, dirintis dari kegiatan seperti ini,” tutupnya. (has)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tim Voli Putra Sabet Gelar Juara 1, UM Kawinkan Gelar Juara Cabor Voli Machung Olympiad 2017

Infokampus.news, Malang - Berhasil Menangi Final Voli Putra Machung Olympiad 2017,UM mengawinkan gelar Cabor Voli Machung Olympiad 2017 ini.

Close