Kisi Soal Berbeda, Peserta UNBK SMA Negeri 4 Malang Kebingungan

Infokampus.news, Malang – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA menginjak hari terakhir, sejak senin lalu peserta UNBK di SMA Negeri 4 Malang sudah mengerjakan soal – soal berbasis komputer yang diakses langsung melalui laman UNBK.

Mata pelajaran yang diujikan sendiri diantaranya Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Mata pelajaran sesuai program keahlian.

Dyah putri siswi XII MIPA 3/IPA yang juga peserta UNBK menyatakan jika sejauh ini UNBK memang berjalan tanpa kendala teknis, namun sedikit disayangkan dengan soal yang berbeda dengan kisi – kisi yang sudah dipelajari.

“Semua berjalan lancar tidak ada masalah dari pengaplikasian metode UNBK, namun untuk soal terbilang sulit karena soal yang diujikan berbeda dengan kisi – kisi tahun lalu,” ungkapnya.

“Yang terlihat berbeda sebenarnya pada soal – soal cerita, banyak yang sebelumnya tidak ada pada soal tahun lalu,” paparnya.

UNBK SMA Negeri 4 Malang, Kami Tidak Takut

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bukan hal yang baru, karena sebelumnya sekolah – sekolah sudah mensosialisasi dan memberikan simulasi pada para siswanya.

Jika sebelumnya Ujian Nasional menjadi tolak ukur kelulusan, kini UNBK hanya menjadi pendukung nilai kelulusan siswa. USBK, UAS dan masih banyak lagi faktor – faktor yang menjadi pendukung kelulusan.

Pada tahun sebelumnya UNBK SMA dilakukan bersamaan dengan SMK, kini dilakukan secara terpisah. Dengan maksud agar lebih terfokus dan praktis bagi peserta UNBK dan pengawas sendiri. Pasalnya peserta sendiri memerlukan banyak persiapan untuk menempuh UNBK.

“Untuk UNBK kami sudah mempersiapkan jauh – jauh hari dengan mengikuti bimbel, simulasi UNBK, tryout dan tentunya melakukan persiapan mental,” ungkap Dyah.

“UNBK dibagi menjadi dua sesi, saya termasuk pada sesi pertama. Secara mental tentunya saya sangat nervous sekali,” terangnya.

“Untuk teman – teman peserta UNBK, kita sudah mempersiapkan dan mengerjakan dengan sungguh – sungguh. Saatnya kita percaya diri dengan apa yang sudah kita kerjakan dan tinggal menunggu hasil UNBK dan SNMPTN,” tutupnya. (has)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Direktur Polinema Ajak Civitas Akademika Rekatkan Hubungan Baik Dengan Mahasiswa

Inti dari orasi ilmiah ini adalah kedekatan antara instansi atau perusahaan dengan para stakeholder atau orang-orang yang berkepentingan.

Close