UNEJ Gandeng Delapan Negara Kampanyekan Kebudayaan Daerah di Ajang ajang Global Village

Infokampus.news – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Statsflix Universitas Jember bekerjasama dengan organisasi pengembangan kepemimpinan kaum muda dunia Association internationale des étudiants en sciences économiques et commerciales (AIESEC) mengadakan ajang Internasional dengan bertajuk Global Village.

Diikuti oleh delapan negara, yakni dari Jerman, Rusia, Portugal, China, Kamboja, Mesir, Srilanka, dan India. Global Village sudah kali ke dua dilaksanakan, kali ini bertempat di lobby Lippo Plaza Jember tercatat ada 12 peserta yang tampil dari setiap perwakilan unjuk kebolehan dengan memperkenalkan kebudayaan masing-masing dari negaranya melalui tari, nyanyi dan lainnya.

“Global Village adalah salah satu dari beberapa kegiatan yang diadakan oleh UKM Statsflix sebagai UKM yang mewadahi pertukaran mahasiswa dan pengembangan kepemimpinan, yang bekerjasama dengan AIESEC,” ungkap Robby Pratama selaku ketua panitia.

“Kawan-kawan dari mancanegara ini sudah berada di Jember semenjak bulan Agustus lalu. Mereka melaksanakan berbagai proyek sosial seperti menjadi guru di berbagai sekolah dan pesantren yang ada di Jember. Seharusnya ada 11 negara yang mengirimkan wakilnya, namun ada beberapa kawan seperti dari dari Ceko dan Jepang yang pulang lebih dahulu karena ada kepentingan,” paparnya.

Kampanyekan Masing-Masing Kebudayaan Dari Tiap Daerah

Di acara Global Village ada penampilan seni kaligrafi China yang dibawakan oleh Lucky juga ada penampilan seruling bambu China dari Lily Hu. Lucky menuliskan kaligrafi China dengan kalimat Friendships Without Boundaries.

“Kami berharap persahabatan ini bisa menyatukan kita tanpa harus dibatasi oleh sekat negara,” tegasnya.

Seperti yang dilakukan oleh perwakilan Jerman dan Mesir yang membawa masakan dan kue khas masing-masing negara untuk dicicipi oleh para pengunjung.

“Kebetulan saya kuliah di jurusan pendidikan guru, oleh karena itu ketika ada tawaran untuk melaksanakan proyek sosial menjadi guru di Jember, maka saya ambil kesempatan ini untuk mencari pengalaman sekaligus menambah jam praktek saya,” Meryem Masa perwakilan dari Jerman yang berkuliah di University of Wurzburg.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan pertukaran mahasiswa seperti ini akan menumbuhkan saling pengertian akan masing-masing budaya sehingga melahirkan toleransi. Selain menjadi tuan rumah, Universitas Jember juga aktif  mengirimkan mahasiswanya ke negara-negara lain yang tergabung dalam organisasi AIESEC. Tahun ini kami mengirimkan mahasiswa ke Thailand, Filipina, China dan Malaysia,” tutur Honest Dody selaku pembina UKM Statsflix. (has)

Sumber : https://www.unej.ac.id/

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hadirkan Profesor Asal Jepang, STIE MALANGKUCECWARA Kenalkan Karakter Berbisnis Ala Orang Jepang

Kamis (07/09) STIE MALANGKUCECWARA mengadakan kuliah tamu Internasional. Bertempat di Ruang Seminar STIE MALANGKUCECWARA

Close