Unib Kembali Cetak Prestasi Lewat Kompetisi Debat Konstitusi Nasional ke-12

Infokampus.news– Tiga mahasiswa perwakilan dari Fakultas Hukum Universitas Bengkulu (Unib) berhasil torehkan prestasi lewat Kompetisi Debat Konstitusi Tingkat Nasional pada hari kamis, 15 Agustus 2019 lalu.

Tak tanggung-tanggung, tim debat dari Unib yang terdiri dari Annisa Salsabila, Ummu Salamah dan Indah Rosalina ini berhasil menjadi juara 1 setelah mengalahkan Tim Debat dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) di babak final.

Debat Konstitusi Tingkat Nasional ke-12 ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Pada tahun ini penyelenggaraan kompetisi debat diselenggarakan di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, Bogor, pada tanggal 13 – 15 Agustus 2019 lalu. Sedangkan pengumuman kemenangannya dilaksanakan di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada hari Kamis, 15 Agustus 2019.

Tak hanya menjadi juara 1, dalam kompetisi debat ini salah satu anggota dari Tim Debat FH Unib, Annisa Salsabilah berhasil dinobatkan menjadi best speker. Sebagai bentuk dukungan untuk perwakilan mahasiswa FH Unib, Tim Humas UNIB, Wakil Rektor IV UNIB Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Dr. Ardilafiza, SH, M.Hum dan Dekan Fakultas Hukum UNIB Prof. Dr. Herawan Sauni, SH, MS, serta Kasubbag Keuangan dan Kepegawaian FH UNIB, Budi Utomo, S.Pd ikut hadir di lokasi.

Baca Juga :  Ingin Tantangan dan Pengalaman Baru, Mahasiswa Unisma ini Coba Magang di Malaysia

Tercatat sebanyak 24 perguruan tinggi berhasil lolos dari 3 wilayah regional. Dari Wilayah Regional Barat ada Universitas Syiah Kuala, Universitas Sriwijaya, Universitas Indonesia, Universitas Bengkulu, Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Universitas Kristen Maranatha, dan Universitas Padjadjaran.

Untuk Wilayah Regional Tengah, ada Universitas Sebelas Maret, Universitas Mulawarman, Universitas Tarumanagara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Tanjungpura, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Kristen Satya Wacana, dan Universitas Diponegoro.

Kemudian untuk Wilayah Regional Timur ada Universitas Airlangga, Unversitas Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Khairun, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Brawijaya, dan Universitas Mataram.

Pada Kompetisi Debat Kontstitusi MK di Tingkat Regional Barat yang diselenggarakan di Universitas Bengkulu pada anggal 4-6 April lalu, Tim Debat FH Unib lolos ke tingkat nasional setelah menjadi juara ke-4. Memang, pada awalnya Tim Debat FH Unib berada di bawah Tim Debat Unsyiah, kemudian pada tingkat nasional Tim Debat FH Unib berhasil menyusul dan menempati posisi pertama. Pada posisi kedua berhasil diisi Universitas Sriwijaya dan posisi juara ketiga berhasil diraih oleh Universitas Indonesia. (Sil)

 

Baca Juga :  Unisma Selenggarakan Sholat Ghoib untuk K.H Maimun Zubair

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *