Unik! Dosen Ini Temukan Ternyata Limbah Kubis Bisa Jadi ‘Obat’ Tanaman Lain

Infokampus.news, Malang – Siapa sangka ternyata limbah kubis bisa dijadikan ‘obat’ penyakit untuk tanaman tomat? Adalah Dr. Ir. Anis Rosyidha, Kepala Laboratorium Agroteknologi Universitas Islam Malang yang menemukan ide brilian ini.

Jika selama ini limbah kubis hanya dibuang secara percuma, kini limbah kubis ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Terlebih lagi idenya ini bisa membuat petani sedikit lebih beruntung, jika harga kubis di pasaran sedang anjlok.

“Yang kami gunakan untuk mengendalikan penyakit yang menyerang tomat, bisa menggunakan bio fumigan dari kubis-kubisan, lalu limbah brokoli, kembang kol sawi putih dan sawi biasa itu juga bisa.” Ujarnya saat ditemui wartawan.

Limbah yang terlihat tidak berguna ini ternyata saat dicacah lalu ditanam dan diberi air dan di tutup selama satu bulan lamanya, limbah-limbah ini bisa mengeluarkan senyawa biofumigan.

“Dalam sebulan akan menguap nah bisa mengeluarkan senyawa yang mematikan patogen tular tanah, artinya bakteri patogen yang berasal dari tanah.” Terangnya.

Limbah Kubis Bisa Obati Penyakit Tomat yang Cukup Berbahaya

Salah satu jenis penyakit yang bisa diobati dengan senyawa dari limbah ini adalah penyakit yang membuat daun dari tanaman tomat layu.

“Ini penyakit asalnya dari bakteri dan akan sulit dikendalikan, saat ini bisa ya dengan senyawa kubis. Tapi sebelumnya tanaman diberi pupuk organik terlebih dahulu,” Tukasnya.

Senyawa yang dikeluarkan dari limbah ini menurut penelitiannya bisa menekan pertumbuhan pernyakit hingga 60%.

“Prakteknya kami di desa Bumiaji untuk tomat, satu tanaman ini memerlukan 400gram limbah.” Tutupnya. Selain lebih sehat, cara ini juga terhitung lebih hemat jika diaplikasikan oleh para petani. Jika sebelumnya mereka menggunakan pestisida yang cukup merogoh kantong, untuk membunuh penyakit ini kini petani bisa menggunakan metode yang digunakan Anis. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Ingin Belajar Fashion Langsung dari Pusat Mode Dunia? IFA Paris Tawarkan Beasiswa Fashion 2018
Ingin Belajar Fashion Langsung dari Pusat Mode Dunia? IFA Paris Tawarkan Beasiswa Fashion 2018

Salah satu kampus fashion ternama di dunia, International Fashion Academy (IFA) Paris di Perancis tengah menawarkan beasiswa fashion 2018 yang...

Close