Unik! Dosen ITN Ini Temukan Sistem Pemandu Pengemudi Berbasis Kamera dan Komputer

Infokampus.news, Malang – Salah satu dosen ITN (Institut Teknologi Nasional Malang) menemukan sistem pemandu pengemudi berbasis kamera dan komputer mungil. Adalah Dr. Eng Aryuanto Soetedjo yang mengembangkan Intelligent transportation systems (ITS) yang juga sedang trend di dunia.

Salah satu jenis ITS adalah driver assistant system yaitu pemandu pengemudi agar aman dalam berkendara.  Namun, penggunaan peralatan canggih ini hanya digunakan dan hanya diproduksi vendor mobil besar.

“Algoritma yang digunakan sangat kompleks dan membutuhkan biaya yang besar, sehingga agak sulit digunakan segala jenis mobil,” ujarnya saat ditemui tim infokampus, Jum’at (26/5).

Penyederhanaan Alat Hingga Mampu Mendeteksi Kelelahan Mata Saat Mengemudi dengan Sistem Khusus

Itulah mengapa Aryuanto mencoba mengembangkan penyederhanaan algoritma sistem pemandu pengemudi. Penyederhanaan itu kemudian dimasukkan ke dalam single board komputer Raspberry Pi yang dibuat hanya seukuran kartu kredit.

“Komputer mini dengan sistem pemandu pengemudi itu kemudian bisa ditanam ke sistem di dalam mobil apapun. Selain itu ada dual kamera yang akan mendeteksi kedipan mata, apakah mata pengemudi tersebut mengantuk atau tidak, kalau iya nanti akan ada alarm yang mengingatkan.” Tambah dia.

Penelitian Aryuanto sendiri telah mendapatkan hibah kompetensi dari Dikti selama 3 tahun sejak 2016. Untuk penyederhanaan algoritma dan alat berupa komputer mini dan dual kamera ini ia hanya membutuhkan biaya berkisar 1 juta rupiah saja. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UNMER, UB, UNAND Tandatangani MoU dengan LAN Untuk Terus Bina Analis Kebijakan Publik Kompeten

UNMER, UB, UNAND hari ini menandatangani MoU dengan LAN (Lembaga Administrasi Negara) untuk terus membina dan menghasilkan analis

Close