Unik! Potongan Besi Ini Gambarkan Mitos Kalajengking Ala Bali!

Infokampus.news, Malang – Dalam Pameran Arsitektur yang digelar Fakultas Tehnik Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya (UB) angkatan 2016 yang digelar sejak beberapa hari lalu, salah satu karya mahasiswa menarik perhatian banyak pengunjung. Kelompok yang beranggotakan 6 orang ini mengaku terinspirasi dari kain Grinsing Bali berjudul ‘Scortra’, mereka mengangkat sisi budaya dan juga sisi mitos dari kain khas ini.

“Jadi saat dicermati dari motif kain ini sendiri, ternyata motif ini menggambarkan kotak-kotak, nah mitosnya kalau kotak ini menggambarkan desa Tanganan dan di setiap sisi kotal ini ada motif kalajengkingnya,” ujar Aulya salah satu anggota kelompok.

Ia menuturkan motif kalajengking yang mengelilingi kotak atau desa Tanganan ini, mitosnya dianggap sebagai ‘penjaga’ dari desa tersebut.

“Jadi motif kalajengking ini sendiri dipercaya masyarakat sebagai ‘penjaga’ desa dari wabah penyakit,” tuturnya.

Desain Unik, Pengerjaan Singkat

Motif kalajengking inilah yang menginspirasi mereka membuat karya hiasan ruangan yang unik terbuat dari lembaran besi dan kawat yang disusun unik dalam kerangka melingkar menyerupai pusara air.

Mitos Kalajengking

“Kami ambil simbol dari kaki kalajengking ini untuk menggambarkan kuat dan dinamis, nah ahirnya kami bikin konsep perpaduan antara rangka besi yang kuat dan lenturnya bagian-bagian pendukung ini, kuat tapi tetap dinamis dan elegan,” paparnya.

Disamping itu, pembuatan display ini sendiri tidak terlalu lama oleh kelompok mahasiswa baru ini. Mereka hanya membutuhkan waktu dua hari saja untuk pembuatannya karena proses yang tidak terlalu rumit.

“2 hari saja pembuatannya karena personil kami banyak, selain itu rangkanya kan kami tidak bikin sendiri yang besi itu harus bikin di tukan las,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wow, Mahasiswa UB Buat Alat Penunjuk Waktu Tradisonal Ala Budaya Kalimantan Timur!

karya arsitektur yang banyak menarik perhatian pengunjung adalah sebuah alat penunjuk waktu tradisonal dirakit dengan konsep tradisional

Close