Unik! Siswa Ini Buat Es Krim Dari Limbah Kulit Kedelai

Infokampus.news, Malang – Limbah kulit kedelai di kota Tahu, Kediri, merupakan salah satu sumber pencemaran lingkungan yang cukup besar di sana. Hal ini menarik perhatian tim SMK 2 Kediri untuk mengolah limbah tersebut menjadi sebuah produk berdaya jual tinggi.
Betapa tidak, mereka menyulap limbah kulit kedelai menjadi eskrim yang digemari semua lapisan masyarakat dan juga kalangan. Penemuan mereka ini menarik perhatian dewan juri dalam acara business plan competition 2017 yang digelar oleh FEB UNIKAMA kemarin.

“Nama produk kami Es Kude alias es krim dari kulit kedelai. Ini dalam satu tim perwakilan ada tiga orang yaitu Aldila, Devi dan Rinto Dwi Rahayu,” ujar salah satu anggota tim, Rinto.

Mereka melihat kulit kedelai yang merupakan limbah besar dan juga masih bergizi ini belum dimanfaatkan dengan baik oleh warga setempat, maka tercetuslah ide untuk membuat produk es krim ini.

“Sementara di sana hanya dipakai untuk pakan ternak saja,” tukasnya.

Modal Kecil Untung Besar

Tim ini mengungkapkan hasil memasarkan produk Es Hasil limbah ini di lingkup SMK 2 kota Kediri saja, mereka mampu meraih omset yang cukup besar.

“Apresiasinya sangat baik, lumayan laku keras karena Es Krim sendiri kan disukai berbagai kalangan. Modalnya ini kecil sekali karena kan limbah, tapi keuntungan yang didapat cukup besar.” tuturnya pada tim infokampus.news.

Pihak sekolahnya sendiri telah memberikan apresiasi cukup besar yakni memberikan sumbangan 1 buah freezer dan juga peralatan membuat Es Krim lainnya. Rinto dan teman-temannya berharap target mereka untuk memperluas pemasaran Es Kude ini bisa tercapai dalam waktu dekat.

“Target kami jelas merambah pasar internasional namun untuk sekarang kita perluas pemasaran kota Kediri dulu.” tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Keren! Tamat S2 dengan Beasiswa, Mahasiswa UNIKAMA Ini Langsung Bertolak ke Jepang

Eko Heru Prasetyo atau yang akrab disapa Heru, merupakan alumni mahasiswa UNIKAMA

Close