Unik! UNIKAMA Denda Mahasiswa Tidak Menggunakan Bahasa Inggris

Infokampus.news, Malang – Jika menjadi mahasiswa baru Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) jurusan Pendidikan maupun Sastra Bahasa Inggris, maka para mahasiswa harus bersiap menggunakan bahasa Inggris sejak awal semester. Mulai semester 1 hingga 2 UNIKAMA mendenda siapapun mahasiswa yang tidak menggunakan bahasa Inggris baik di dalam maupun di luar jam belajar mengajar.

“Jadi dulu kalau saya waktu masih maba semester 1-2 kita didenda kalau tidak pakai bahasa Inggris meskipun di luar jam efektif kuliah,” tutur Rifka mahasiswa semester 4 Sastra Inggris UNIKAMA.

Menurutnya mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua bukan bahasa sekunder, merupakan hal yang sulit jika tidak dibiasakan sejak awal kuliah seperti ini.

“Bahasa Inggris mendunia dan dianggap mudah, padahal kalau kita terjun langsung disini itu susah pake Bahasa Inggris yang benar dan baik,” ungkapnya.

Kebiasaan Tingkatkan Kemampuan Berbahasa dan Percaya Diri

Keunikan yang tidak dimiliki kampus lain ini menurutnya poin yang sangat penting sebagai mahasiswa yang mempelajari bahasa asing, karena pembiasaan adalah kebutuhan.

“Unik ya, di kampus lain memang tidak ada yang seperti ini. Sangat membantu kami,” tukasnya.

Ia merasakan manfaat besar karena dengan pembiasaan seperti ini mahasiswa jadi lebih lancar berbahasa, selain itu lebih percaya diri untuk berhadapan langsung dengan orang banyak ataupun native speaker.

“Menurut pengalaman saya dan banyak teman juga, dengan adanya ‘denda’ ini malah membawa berkah, karena kita jadi lebih lancar dan percaya diri berkomunikasi bahasa Inggris dengan orang banyak maupun native speaker,” paparnya. (Pus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berbeda, Ini Cara UNIKAMA Rayakan Rangkaian Dies Natalis ke -20!

Dalam rangkaian acara dies natalis Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) ke-20, hari ini (24/2) Jurusan Sastra Inggris UNIKAMA menggelar kuliah umum...

Close