Jaring Camaba Sebelum Buka Gelombang I, Unikama Road Show Antar Kota

Infokampus.news – Jelang tahun ajaran baru 2019/2020 Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mulai mempersiapkan diri untuk menyambut keluarga baru. Sambil menunggu pendaftaran Gelombang I resmi dibuka pada 1 April mendatang, Unikama memulainya dengan membuka Unikama Road Show yakni keran pendaftaran gelombang ke-0 (nol).

Proses promosi penjaringan calon mahasiswa baru (camaba) Unikama tersebut telah dimulai sejak awal Januari lalu. Target pembuka adalah sekolah-sekolah di Malang Raya (Kabupaten Malang-Kota Batu-Kota Malang). Dilanjutkan ke Blitar, Pasuruan dan Kediri. Meskipun masih beroperasi di wilayah Malang Raya dan , kabupaten/kota lain di Jawa Timur pun masuk dalam daftar target untuk mengoptimalisasi penjaringan tersebut. Total, dari target 200 sekolah di Malang Raya dan Jatim sampai saat ini masih terlaksana 25 persen atau 50 sekolah dan program ini masih terus berlangsung.

Kahumas Unikama Ali Ismail memaparkan, posisi tim yang ia pimpin saat ini berada di Bojonegoro, yang merupakan kota kesembilan setelah Mojokerto, Pasuruan, Malang Raya, Ponorogo, Trenggalek, dan Tulungagung. “Kami saat ini sedang mengikuti pameran pendidikan tinggi di MAN 3 Bojonegoro,” ujarnya kemarin.

Ali Ismail melanjutkan, dari Bojonegoro tim promosi pendaftaran akan bergerak ke Situbondo pada tanggal 29 Januari 2019, Banyuwangi 30 Januari 2019, Jember 31 Januari 2019, lalu Probolinggo 12 Februari 2019. “Juga ada tim yang bergerak ke Madura hingga kepulauan di sana, sepudi, Pulau Raas, dan Kangean. Selain Madura team yang akan berangkat ke NTT, Maluku, Kalimantan Barat dan Sumenep kepulauan juga masih terus bergerak” jelasnya.

Unikama Road Show ini menurutnya merupakan bagian dari penjaringan camaba gelombang ke nol. Ia menyatakan gelombang ke nol karena pendaftaran camaba gelombang pertama baru dibuka 1 April-31 Mei 2019 mendatang. Kemudian, Gelombang II dimulai 1 Juni-31 Juli 2019 dan bersambung ke Gelombang III 1 Agustus-8 September 2019. “Untuk gelombang nol, banyak mendapat potongan dana penyelenggaraan pendidikan (DPP),” papar pria yang akrab disapa Mail ini.

Gelombang nol tersebut nantinya bisa pula diikuti lulusan SMA/sederajat tahun lalu yang belum kuliah. “Khusus pendaftaran gelombang ke nol ini, dibuka hingga 31 Maret,” tandasnya.

Informasi pendaftaran selengkapnya, bisa langsung diakses di https://www.unikama.ac.id. (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published.