Uniknya Negosiasi Budaya Dikaji di Buku Karya Dosen FIB UB Ini, Kamu Mahasiswa Rantau Pasti Paham!

Infokampus.news, Malang – Sebagai mahasiswa rantau kamu pasti paham bagaimana rasanya meninggalkan budaya sendiri agar diterima di komunitas baru di tempat tujuan. Hal inilah yang menarik Yusri Fajar M.A., dosen FIB Universitas Brawijaya Malang (UB), menulis buku kumpulan artikel kajian sastra berjudul “Sastra Melintasi Batas dan Identitas”.

“Buku ini Oktober lalu dapat dapat anugrah buku kritik sastra terbaik dari Balai Bahasa Jawa Timur.” paparnya saat ditemui tim infokampus.news.

Mahasiswa Rantau Pasti Paham, Banyak Ulasan Sastra Mendalam Disini

Total sebanyak 13 kajian sastra ia tulis dalam buku ini. Ia sangat tertarik mengangkat isu identitas dan juga negosiasi antar budaya.

“Salah satunya saya kaji buku salah satu pengarang Indonesia yang tinggal di Jerman, berkisah kehidupan orang Indonesia di eropa. Selalu menarik, karena mereka harus negosiasi identitas budaya mereka, karena hidup di luar negeri kan kadang merasa terasing dan ya macam macam.” Ulasnya lagi.

Dosen yang mengaku sudah mencintai sastra sejak remaja ini ternyata membuat buku ini tidak karena passion saja. “Saya kuliah di sastra terus saya lihat kajian sastra di Indonesia perlu dikembangkan. Karya banyak tapi yang mau menekuni baca, perlu ditingkatkan. Saya rasa karya sastra tanpa kritik atau kajian itu tidak akan berkembang dan tidak akan membuat sastra lebih maju juga.” Ujarnya menerangkan.

Untuk tahun ini saja dirinya juga telah membuat karya lain yakni buku puisi. “Judulnya Kamu yang Ditunggu Salju.” Tutup dosen lulusan sastra di salah satu kampus di Jerman ini. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Tantangan Zaman Makin Tinggi, Polda Jatim Beri Mahasiswa UNIDHA Solusi Paling Jitu

Setelah beberapa kampus di Jawa Timur hari ini (14/12) Kabag Bin Opsnal Binmas Polda Jatim, AKBP Dr. Dody Eko W...

Close