UNISMA Gelar Ajang Piala Gubernur 2016, ‘Islamikan Kegiatan Pramuka Siswa’

Infokampus.news, Malang – Hari Kamis ini (25/8) hingga hari minggu depan (28/8) Universitas Islam Malang atau UNISMA helat kegiatan keagamaan pramuka dengan memperebutkan piala gubernur. Kegiatan yang diikuti semua SMA, SMK, dan MAN berbasis pesantren se-Jawa Timur ini merupakan acara tahunan ketiga yang telah digelar kampus UNISMA ini.

“Ini kegiatan keagamaan dua tahun sekali, sudah kali ketiga ya ini,” ujar M. Rihal Irsyada selaku ketua dewan pracana pramuka UNISMA.

Perlombaan Yang Mengandung Unsur Keagamaan

Dalam acara kepramukaan yang dinamakan Lomba Tangkas Pramuka Penggalang (LTP) ini diadakan pula lomba keagamaan yang diikuti dengan lomba dasar pramuka. Total sepuluh macam lomba yang diadakan yaitu; koloni tongkat, teknologi tepat guna, pioneering, Akhi ukhti, Drama legenda, MTQ, Merawat jenazah, Kaligrafi, sandi morse dan semaphore, dan jelajah alam.

Lomba-lomba ini akan diadakan untuk memperebutkan piala bergilir gubernur 2016 yang akan dinobatkan kepada salah satu sekolah peserta di hari terahir acara nanti.

Baca Juga :

Pembina Berharap Program Ini Tidak Hanya Sebagai Kompetisi, Namun Ada Nilai Yang Diambil

piala gubernur

Ditilik dari tema dan kegiatan yang dilaksanakan antara Pramuka dan keagamaan tidak ada korelasi, namun pihak kampus ingin siswa dapat berbaur dengan masyarakat setelah mengikuti ajang ini. Karena beberapa lomba yang diadakan dapat menjadi cara untuk masuk dan berbaur dalam kehidupan masyarakat.

“Harapan kami mereka dapat berbaur dalam masyarakat dengam bekal lomba-lomba ini. Ikut kegiatan pramuka kan sebenarnya cukup penting ya, kita harap mereka bisa mengaplikasiakan ilmunya dalam masyarakat nanti,” ujar Badat Muwakhid wakil rektor 3 UNISMA. (ir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trichokompos, Stimulan Pertumbuhan Tanaman dari Kotoran Sapi

Salah satu bentuk tri dharma perguruan tinggi, pengabdian kepada masyarakat adalah terjun langsung ke tengah masyarakat dan menjawab permasalahan yang...

Close