Unisma Pelopori Destinasi Wisata Halal Kota Malang Lewat Bimtek SJH

Infokampus.news– Sebanyak  114 hotel dan resto di Malang ikut dalam “Bimtek Sistem Jaringan Halal (SJH) Penguatan Destinasi Wisata Halal Kota Malang” yang diselenggarakan pada tanggal 21-22 Agustus 2019 di Gedung Rektorat Lantai empat Universitas Islam Malang (Unisma). Dalam acara ini materi disampaikan oleh Agung Harhaya Buana, S.E, M.E selaku Kasi Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang.

Dengan mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim dan Kota Malang merupakan salah satu Kota Pariwisata di Indonesia, akhirnya mendorong banyak masyarakat untuk memperhatikan kehalalan asupan makanan mereka saat melakukan perjalanan wisata.

Dalam Islam sendiri makanan halal sangatlah penting. Banyak orang yang sebenarnya kurang memahami definisi makanan halal yang sebenarnnya. Kebanyakan mereka hanya tahu bahwa makanan halal adalah makanan yang bukan dari olahan daging babi maupun makanan yang mengandung alkohol. Sebetulnya definisi halal tidak hanya terbatas dari kedua hal itu saja. Untuk itu perlu dilakukannya sosialisasi mengenai kehalalalan makanan itu seperti apa.

Apabila sebuah tempat yang menyediakan makanan sudah terjamim kehalalannya, otomatis pelanggan akan merasa  makanan yang mereka konsumsi itu aman. Kemudian hal tersebut akan  menarik lebih banyak pelanggan untuk memilih tempat tersebut sebagai tempat mereka bersantap. Hal inilah menjadi salah satu tujuan diselenggarakannya acara “Bimtek Sistem Jaringan Halal (SJH) Penguatan Destinasi Wisata Halal Kota Malang” ini. Dengan upaya penyediaan tampat makan yang halal ini diharapkan akan banyak menarik pengunjung lokal maupun pengunjung mancanegara dan juga Kota Malang bisa menjadi salah satu kota destinasi wisata halal di Indonesia.

Baca Juga :  Resmi Diubah! UTBK 2023 Tanpa Tes Mata Pelajaran, Simak Alasannya

Unisma sebagai pelopor dalam kegiatan ini menuturkan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian mereka terhadap makanan halal yang ada di Kota Malang, khususnya pada hotel dan resto yang memang menjadi tempat favorit bagi para pelancong.

Tak  hanya dihadiri oleh beberapa hotel dan resto saja namun juga datang dari kampus-kampus yang ada di Kota Malang seperti Universitas Negeri Malang (UM), dan Universitas Brawijaya (UB), UIN Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, dan tentu saja Unversitas Islam Malang.

Kegiatan ini juga di dukung oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Malang.

Acara ini membahas produk-produk halal dan persoalan yang terkait dengan pengolahan makanan seperti penggilingan daging di Pasar yang punya kemungkinan alat penggiling dagingnya tidak dipisah antara daging ayam dengan daging babi. Sebagai penutup acara dibentuklah Auditor internal di setiap hotel dan resto dan juga serta akan diterbitkan sertifikasi halal. (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published.