Unisma Resmikan Kerjasama dengan 7 Perguruan Tinggi di Rusia

Infokampus.news– Pada tanggal 11-14 September 2019, Rektor Universitas Islam Malang (Unisma), Prof. Dr. H. Masykuri, M.Si melaksanakan kegiatan penandatanganan MoU dan inisiasi kerja sama dengan 7 (tujuh) perguruan tinggi di Rusia.

Kedatangan rektor Unisma yang juga didampingi oleh bapak H. Noor Shodiq Askandar, S.E., MM Wakil Rektor Unisma dan Dr. Imam Wahyudi Karimullah, MA, Kepala Kantor Urusan internasional Unisma merupakan tindak lanjut dari kegiatan Global Summit of University Leaders (Konferensi Tingkat Tinggi Pimpinan Perguruan Tinggi Dunia) yang diselenggarakan di Unisma, Malang pada tanggal 27-29 Maret 2019.

Sebagai rangkaian kegiatan awal, bertempat di KBRI Moscow, Rektor Unisma bertemu dengan Bapak Wahid Supriyadi, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Rusia dalam rangka kerja sama dengan Perguruan Tinggi di Rusia. Lebih lanjut, Prof. Masykuri menyampaikan bahwa dalam waktu dekat Unisma akan mengundang Duta Besar RI untuk Russia ke Unisma dalam rangka kuliah umum dan pembahasan implementasi kerja sama Unisma dengan mitra-mitra di Rusia.

Baca Juga :  Seleksi Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)

Selain itu, delegasi Unisma juga mengadakan pertemuan inisiasi kerja sama dengan pimpinan Moscow Islamic Institut, Russia. Perguruan tinggi ini adalah salah satu perguruan tinggi ternama di Moscow yang lulusannya menjadi pimpinan-pimpinan ke Islaman di Rusia. Pada kesempatan tersebut, Rektor Unisma memberikan kuliah umum dengan tema Islam Nusantara dan Konsep Pengembangan ke Islaman di Unisma kepada mahasiswa dan mahasiswi Moscow yang berencana untuk melanjutkan studi di Unisma. Dalam waktu dekat, akan dilaksanakan penandatanganan MoU antara kedua lembaga ini.

Pada hari terakhir delegasi Unisma mengadakan pertemuan dengan pimpinan parlemen bidang pendidikan dan pimpinan pemerintah kota Samara, Rusia untuk menjajaki kerja sama dibidang pengembangan edu tourism, agro tourism, dan cultural tourism. Selain itu dilaksanakan juga penandatangan MoU antara Unisma dengan 6 (enam) perguruan tinggi ternama di Samara, Rusia. Seusai dari Rusia, delegasi Unisma bertolak ke Uzbekistan dan Azerbaijan dalam rangka kegiatan penandatangan MoU. Beberapa program yang disiapkan antara lain joint research, joint curriculum/degree, dan summer program serta program beasiswa baik dari Unisma maupun dari pihak mitra. Hal ini sangat strategis, mengingat Unisma adalah perguruan tinggi yang memiliki slogan dari Nahdatul Ulama untuk Indonesia dan Peradaban Dunia. (Sil)

Baca Juga :  BRIN Luncurkan 47 Daftar Perguruan Tinggi Klaster Mandiri Tahun 2016-2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *