Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi Resmikan TAX Center

Infokampus.newsUniversitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi kembali membuat gebrakan. Bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III, Pihak Untag meresmikan pusat edukasi dan informasi pajak alias tax center di kampus merah putih.

Peresmian tax center dirangkai dengan seminar perpajakan dan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara Untag dan Kanwil DJP Jatim III, MoU juga dilakukan antara Untag Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI).

Untag dipercaya untuk memfasilitasi penyelenggaran pelatihan profesi konsultan perpajakan yang bersertifikat. Pelatihan porfesi konsultan perpajakan ini penting, khususnya bagi mahasiswa program studi akutansi untuk meningkatkan keahliannya dalam bidang perpajakan, sekaligus untuk menambah isian Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) saat lulus nanti.

Rektor Andang mengatakan, pihaknya melibatkan para mahasiswa sebagai pengurus tax center di kampus yang ebrlokasi di jalan Adisucipto Banyuwangi, sedangkan pembina tax center merupakan dosen yang memiliki keahlian di bidang pekerjaan.

Tax center sendiri berfungsi untuk membantu proses perpajakan di Bumi Blambangan. Selain membantu menyosialisasikan aspek perpajakan termasuk regulasinya, tacx center juga bisa membantu edukasi bahwa pajak yang dibayar oleh masyarakat bukan untuk siapa-siapa, tapi untuk semua warga Negara indonesia.

“Selain sebagai media edukasi, khususnya di bidang perpajakan, tax center ini juga akan melecut mahasiswa melakukan penelitian di bidang perpajakan. Juga sebagai media pengabdian kepada masyarakat, misalnya dengan menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang perpajakan,” paparnya.

Tax Center ini juga menjadi tempat pengkajian, penelitian, dan sosialisasi di lingkungan perguruan tinggi dan masyarakat. Ke depan peran aktif mahasiswa sebagai relawan pajak dapat mengaplikasikan pengetahuan perpajakan dan menjadi bekal pengabdian yang lebih luas kepada masyarakat. Ini juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pajak bagi pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

Dengan adanya Tax Center di Untag Banyuwangi ini diharapkan mahasiswa yang merupakan calon wajib pajak (WP) di masa mendatang dapat lebih memahami berbagai peraturan perpajakan. Sehingga nantinya mereka membayar dan melaksanakan kewajiban dalam melaporkan pajaknya. “Kami berharap dapat menciptakan agent of information dan agent of change di lingkungan perguruan tinggi dan masyarakat sehingga dapat memaksimalkan upaya pencapaian penerimaan pajak,” katanya. (Jul)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Torehkan Prestasi Melalui Tulisan
Mahasiswa Universitas Kristen Petra Torehkan Prestasi Melalui Tulisan

Infokampus.news – Melalui sebuah tulisan, banyak hal dapat diekspresikan seperti menghibur, memberi informasi, memotivasi, juga mempersuasi. Tulisan diharapkan berdampak positif

Close