Universitas Brawijaya Dominasi Final Olimpiade Sains Nasional 2016

Infokampus.news – Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil mendominasi final Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2016. Pada kategori proyek sains, delegasi UB mampu meluluskan empat tim melebihi kampus lain.

Uniknya, empat tim UB yang melaju seluruhnya merupakan mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP). Adapun inovasi tersebut yakni LE-RENT, GEDANG, We-LOOC, dan MILLATE. Tim UB kemudian akan menghadapi beberapa delegasi kampus lainnya, seperti ITS, UI, ITB, Undip, UNS, UGM, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Unggul jumlah dari kampus-kampus ternama di Indonesia, Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Bidang Kemahasiswaan Yusuf Hendrawan, S.Tp. mengungkapkan rasa bangganya kepada para mahasiswa.

Baca Juga :  Lakukan Silaturahmi, Universitas Islam Malang Gembleng Guru Di Grobogan

“Terus semangat untuk adik-adik mahasiswa, semoga bisa menjadi juara OSN Pertamina 2016,” tuturnya, seperti disitat dari laman resmi UB, Jumat (28/10/2016).

LE-RENT sendiri adalah aplikasi pengembangan green energy generator berbasis tanaman padi. Inovasi ini mampu mengatasi kebutuhan energi listrik di daerah daerah tertinggal dengan cara memanfaatkan padi.

Inovasi berikutnya adalah Generator Listrik dari Kulit Pisang (GEDANG). Alat ini merupakan alternatif sumber energi listrik biomassa yang mampu menyulap limbah kulit pisang sebagai alternatif sumber energi listrik.

Tim ketiga membawa inovasi We-LOOK. Alat ini mampu mengintegrasikan solar cell dari daun tebu dan bahan alami berbasis sun rotation sebagai energi terbarukan dan berkelanjutan.

Baca Juga :  Rektor UWG : Menjalankan Amanah Harus Sesuai Dengan Tugasnya

Sedangkan MILLATE merupakan aplikasi sistem microbial fuel cells pada instalasi pengolahan air lindi untuk pengendalian dampak pencemaran, serta memperoleh sumber energi listrik.

Final OSN Pertamina akan berlangsung pada 19–24 November 2016 di Universitas Indonesia (UI). Pada babak tersebut, 18 tim bakal diadu untuk memperebutkan gelar juara. (FAM)

 

Sumber: Prasetya UB

Tinggalkan Balasan / Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dosen Unsoed Kenalkan Konstruksi Rumah Tahan Gempa

Dua dosen Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), merancang konstruksi rumah tahan gempa.

Close