Universitas Sebelas Maret Solo Perkuat Kampus Sebagai Benteng Pancasila

Infokampus.news – Memperingati hari kesaktian Pancasila, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berkomitmen memperkuat kampus sebagai benteng Pancasila. Hal ini diungkapkan pada saat upacara peringatan hari kesaktian pancasila di halaman Rektorat UNS Senin (1/10).

Dalam Sambutannya Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi yang diwakili oleh Wakil Rektor Akademik UNS yakni Prof Sutarno sebagai inspektur upacara mengatakan kampus UNS sudah mendeklarasikan tekad yang kuat untuk menjadikan UNS sebagai kampus benteng pancasila.

“Untuk terus menajga benteng pancasila di kampus kita tercinta ini, maka saya mengajak untuk senantiasa memperhatikan sejarah gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI) agar tidak terulang kembali dalam merongrong ideologi Pancasila,” Ujarnya di hadapan ratusan peserta upacara.

Sutarno menambahkan, di kampus Benteng Pancasila ini tidak boleh ada aktivitas yang berorientasi pada ideologi komunis.

“DI kampus ini juga tidak boleh ada gerakan yang berorientasi pada radikalisme dan anti toleransi, “ ujar Sutarno.

Lalu ia mengajak semua almamater UNS untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan kampus UNS yang kita cintai ini sebagai benteng yang tangguh bagi terwujudnya nilai-nilai pancasila.

Nah, Sebagai bentuk komitmen di UNS sendiri sudah diberlakukan mata kuliah pancasila bagi semua mahasiswa. Melalui pendidikan Pancasila, mahasiswa diharapkan mampu memahami, menganalisis dan mengaplikasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“melalui pendidikan pancasila puls mahasiswa daoat berpartisipasi dalam upaya mencegah dan menghentikan berbagai tindak kekerasan dengan cara cerdas dan damai” ujarnya.

Melalui pendidikan pancasila pula, mahasiswa menjadi warga Negara yang memiliki pandangan yang benar terhadap nilai-nilai demokrasi dan hak Asasi Manusia.

Sementara itu di Universitas Negeri Malang (UM), Laboratorium Pancasila atau yang dikenal juga sebagai Pusat Pengkajian Pancasila (P3) Universitas Negeri Malang sudah cukup terkenal atas kontribusinya secara Nasional. Setiap tahun sejak berdiri pada 1967, Lab Pancasila UM selalu melakukan kajian rutin bertemakan isu Nasional. Laboratorium itu terbuka bagi dosen, mahasiswa hingga masyarakat umum, terutama jika sedang ada kajian rutin. (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
usia 15 tahun
Usia 15 Tahun, Wijaya Menjadi Mahasiswa Baru Fakultas Teknik UGM

Infokampus.news – Nur Wijaya Kusuma atau yang akrab dipanggil dengan nama Wijaya merupakan mahasiswa baru alias maba termuda di Universitas

Close